Header Ads

Kekeringan Dampak Dari Kemarau Panjang, Polres Kerahkan "AWC" Berikan Air Pada Warga


Kekeringan dampak dari kemarau panjang yang terjadi di beberapa wilayah hukum Polres Probolinggo kota menjadi perhatian khusus dari jajaran polres. Setelah mendatangi desa Sumberkare Kec. Wonomerto pada Senin (14/10/19) lalu, kali ini jajaran Polres Probolinggo Kota menyambangi desa Klampok kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo. Desa tersebut juga sedang mengalami kekeringan seperti yang sedang dialami oleh warga desa Sumberkare dan para warga kesulitan mendapatkan air bersih sehingga harus membeli air karena sumber air yang tersedia di sekitar daerah tersebut telah mengering.

Jajaran Sat Sabhara Polres bersama dengan jajaran Polsek Tongas ,memberikan Bantuan air bersih dengan mengerahkan kendaraan taktis (rantis) Armored Water Canon (AWC) yang mempunyai kapasitas air bersih sebesar 5000 liter

"Kembali kami laksanakan kegiatan ini karena memang di daerah sini sangat sulit untuk mendapatkan air karena musim kemarau yang berkepanjangan," kata Kasat Sabhara Polres Probolinggo Kota AKP Dwi Sucahyo.

Kasat juga menjelaskan  bahwa kegiatan sesuai dengan petunjuk dari Kapolres untuk  membantu para warga di wilayah hukum Polres Probolinggo kota terutama bagi para warga yang benar – benar sedang mengalami kesulitan mendapatkan air.

Warga desa Klampok yang mendapatkan bantuan air dari Polres ini menyampaikan ucapan terima kasih atas pemberian air bersih yang dilakukan oleh jajaran Polres.

“Matur Keso’on pak Polisi (Terima kasih pak polisi dalam bahasa Madura)”, ungkap Ustad Sugito salah satu warga desa Klampok.

Kapolsek Tongas Iptu Gatot juga menuturkan dalam masa – masa musim kemarau ini agar jangan melakukan pembakaran sampah ataupun ilalang di sekitar kawasan hutan desa yang sedang kering

“Musim kemarau seperti ini sangat rawan akan terjadinya karhutla. Oleh karena itu kami mengharapkan kerjasama dari semua pihak untuk mengantisipasi kejadian tersebut,” harapnya.

Dihubungi di tempat terpisah, AKBP Ambariyadi Wijaya, S.IK., S.H.,.M.H. Kapolres Probolinggo Kota menjelaskan penyaluran air ini sebagai bentuk kepedulian polisi terhadap masyarakat yang memang sangat membutuhkan. Sebab, diketahui sudah beberapa bulan terakhir ini warga kesulitan mengakses air bersih. Sungai setempat menyusut dan sumur-sumur tadah hujan milik warga mengering.

"Bantuan air bersih ini untuk memenuhi kebutuhan warga sehari-hari, seperti memasak dan minum, karena mengalami kekeringan," ujar AKBP Ambar


No comments