Header Ads

Hadiri Upacara Sumpah Pemuda Ke 91, Kabag Sumda : Pemuda Indonesia Mampu Bersaing Di Kancah Internasional


Obyek Wisata Pantai Bahak Desa Curah Dringu, Kecamatan Tongas menjadi tempat Hari Sumpah Pemuda yang ke-91 dan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-74 Pemerintah Kabupaten Probolinggo dan Dinas Pemuda, Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (DISPORAPARBUD). Senin (28/10/19). Peringatan Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema tersebut diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya S.I.K, S.H, M.H yang diwakili oleh Kabag Sumda Polres Kompol Sayudi menghadiri upacara peringatan hari sumpah pemuda yang ke 91 Tahun 2019 dengan tema “Bersatu Kita Maju”. Senin (28/10/2019) pagi. Upacara juga dihadiri oleh Forkompimda Kab. Probolinggo, para tokoh agama serta tokoh masyarakat Kab. Probolinggo.

Dalam sambutannya Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari, menyampaikan bahwa modal dasar secara nasional adalah persatuan yang solid antar masyarakat dalam konteks apapun. Para pemuda menjadi sebuah harapan untuk meneruskan pembangunan, khususnya di Kabupaten Probolinggo. Pemuda harus lebih serius menyikapi tantangan di zaman ini yang akan dihadapi langsung oleh para pemuda.

“Kita membutuhkan karakter pemuda yang kuat, kreatif dan cerdas dalam menyikapi segala perubahan zaman. Yang terpenting kesiapan mental dalam menghadapi segala perubahan. Para orang tua harus selalu memberikan dorongan penuh pada generasi muda dimulai dari keluarganya masing-masing dengan menjaga dan mengarahkan kepada tujuan yang baik, agar supaya tidak terjerumus dalam obat-obatan terlarang,” ungkapnya.

Menurut Bupati Tantri, di Indonesia terdapat adat dan budaya yang banyak ragam. “Busana adat Papua yang saya pakai ini berasal dari wilayah Indonesia yang paling jauh. Dimana, busana ini sebagai wujud kecintaaan dan mendukung terhadap kebudayaan yang beranekaragam di Indonesia,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut ditampilkan tari drama kolosal dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 dan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-74 oleh SMA Negeri 1 Tongas yang merupakan binaan Disporaparbud Kabupaten Probolinggo.

Serta parade Tari Nusantara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 dan Dies Natalis SMA Negeri 1 Tongas yang ke-35. Dimana, Tari Nusantara ini melambangkan keanekaragaman budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan serta melindungi tanah air Indonesia sebagai wujud satu kesatuan bangsa.

Diserahkan pula payung kepada Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari, Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Timbul Prihanjoko serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Soeparwiyono dan perwakilan Forkopimda. Selanjutnya payung tersebut dibuka secara bersama-sama yang melambangkan melindungi Tanah Air Indonesia sebagai wujud Satu Nusa, Satu Bangsa dalam keanekaragaman budaya dalam perputaran kehidupan.

Di sela – sela kegiatan, Kabag Sumda kepada tim Tribratanews menyampaikan bahwa Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan Internasional
“Diharapkan para pemuda Indonesia senantiasa ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia,” tambahnya.
Dengan harapan bahwa Semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita.


No comments