Header Ads

Tanamkan Nasionalisme Sejak Dini, Kapolres dan Dandim Dampingi Siswa TK Lomba Mewarnai


Puluhan anak - anak Taman Kanak-kanak se-Kota Probolinggo tampak sedang sibuk dan asyik dengan pensil warna atau crayon miliknya pada Senin (20/8/18) pagi. Puluhan anak – anak TK tersebut rupanya  memang sedang mengikuti lomba mewarnai dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Kantor Disdikpora Kota Probolinggo, Jalan Basuki Rahmad, Kota Probolinggo.

Mereka berlomba - lomba mewarnai kertas berisikan gambar yang sudah disediakan panitia. Tema dalam kegiatan lomba mewarnai ini adalah member warna kepada simbol-simbol Negara Republik Indonesia, dengan maksud tujuan agar anak usia dini semakin mencintai NKRI dan tidak terpengaruh terhadap paham – paham yang berbahaya.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Disdikpora Kota Probolinggo Moch Maskur, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal, Dandim 0820 Letkol Kav Depri Rio Saransi, kepala sekolah, guru sekaligus wali murid yang mengikuti lomba tersebut.

Kapolres Kota Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal S.H, S.I.K, M. Hum mengatakan, lomba mewarnai tersebut dilakukan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke -73 dengan tujuan membentuk karakter dan watak generasi penerus bangsa yang di mulai pada usia dini. Kapolres juga mengungkapkan, kegiatan ini juga dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap NKRI mulai sejak dini dan hal tersebut sebagai langkah antisipasi agar para anak – anak ini tidak terpengaruh paham yang berbahaya.

"Bersama Dandim, Dinas terkait , kami ingin menanamkan jiwa Nasionalisme ke anak-anak, kemandirian serta gotong royong melalui lomba mewarnai simbol-simbol Negera Republik Indonesia ini," katanya.

Selain itu, kata dia, lomba ini juga dilakukan untuk mengenalkan kepada anak-anak tentang Kemerdekaan, makanya gambar yang diwarnai untuk lomba ini identik dengan NKRI. Ada bendera, dan lainnya.

"Kami berpesan, di era digital seperti ini, para guru harus lebih peka dan jangan bosan untuk terus tanamkan Nasionalisme kepada anak-anak didik kita," jelasnya.

Dandim 0820 Probolinggo Letkol Kav Depri Rio Saransi juga mengatakan hal yang sama. Ia memang selalu mengedepankan pendidikan karakter ke anak - anak tentang nasionalisme dan cinta NKRI.

Pendidikan tentang itu harus ditanamkan sejak kecil, salah satunya lomba mewarnai seperti ini.

"Kami TNI-POLRI sebagai garda paling depan dalam hal pengamanan Bangsa Indonesia khususnya di Kota Probolinggo, kita harus bersama-sama menjaga keamanan Kota Probolinggo dan bertanggung jawab untuk menanamkan nilai pancasila dan nasionalisme khususnya ke anak - anak. Semoga lomba ini memberikan dampak yang baik dan bermanfaat," tambahnya







No comments