Header Ads

Polsek Wonomerto Tingkatkan Kamtibmas Dengan Menghadiri Musyawarah Desa Terkait BUMDES





Bhabinkamtibmas Aipda Adin Tri Yantoro selaku perwakilan dari Polsek Wonomerto menghadiri acara Musyawarah Desa tentang Pembentukan Kepengurusan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Kegiatan Musyawarah Desa tersebut digelar di Balai Desa Sumberasih,Kecamatan Wonomerto pada Selasa 09 Juli 2024 pagi.


Musyawarah Desa tersebut dihadiri oleh Camat, Kepala Desa, Pendamping Desa Kapolsek Wonomerto yang diwakili Bhabinkamtibmas Adin Triya, Danramil, perangkat Desa, Tomas serta perwakilan tokoh masyarakat desa sumberasih.


Dalam sambutan Kades menyampaikan, “Paparan secara rinci dan transparan sesuai kebutuhan anggaran kegiatan desa untuk BUMDES. Kegiatan ini juga akan membentuk sebuah usaha untuk BUMDES dimana ada beberapa jabatan yaitu ketua,sekertaris,dan bendahara. Badan Usaha Milik Desa ini dibentuk oleh pemerintah desa dengan tujuan agar kesejahteraan masyarakat desa meningkat lewat pendayagunaan semua potensi ekonomi, kelembagaan perekonomian, sumber daya alam, dan juga sumber daya manusia.


Setiap desa pastinya memiliki potensi. Tentu, potensi ini tidak terlepas dari potensi sumberdaya manusia. Keberadaan potensi sumberdaya manusia dapat difungsikan dalam kepentingan pembangunan desa, salah satunya pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). ucapnya"


Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) didirikan antara lain untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Bagi hasil BUMDes ini dapat digunakan untuk menopang desa, seperti pembangunan desa, pengembangan masyarakat, membantu masyarakat miskin melalui hibah dan lain-lain.


Lebih lanjut Bhabinkamtibmas Polsek Wonomerto Adin Triya menyampaikan pesan kepada pengurus yang sudah terpilih untuk kegiatan BUMDES agar dalam bekerja supaya bersinergi dengan semua elemen masyarakat dan pihak TNI – Polri.


Kegiatan musyawarah desa tersebut berjalan dengan lancar dan kondusif serta pembentukan kepengurusan BUMDES sudah dilakukan dengan menetapkan beberapa tokoh masyarakat untuk menjalankan kegiatan BUMDES tersebut dengan ide usaha yang akan mewujudkan kesejahteraan desa ataupun masyarakat.

No comments