Header Ads

Polsek Tongas - Kapolsek Tongas beserta Ps. Kanit Intel dan Bhabinkamtibmas Desa Tambakrejo menghadiri kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan desa Tangguh Bencana (DESTANA) di Desa Tambak Rejo Kec. Tongas Kab. Probolinggo. Kamsi (11/07/2024).




Kegiatan ini di hadiri oleh Kalaksa BPBD Prop Jatim diwakili oleh Bapak Dadang Ihwandi ST. MT, Kalaksa BPBD kab. Probolinggo Bapak Umar Syarif ST. MT, Camat Tongas Bapak Rochmad Widiarto S. STP, Kapolsek Tongas AKP Mugi SH, Danramil 05/0820 Kapt. Arh. Khoiruddin dan Anggota BPBD kab. Probolinggo serta Kepala Desa Tambakrejo Bapak Arifin beserta seluruh Aparatur pemerintahan Desa Tambakrejo.


Dalam Sosialisasi dan Pembentukan desa Tangguh Bencana  (DESTANA)  Bapak Dadang menjelaskan bawah amanat UU disebutkan bahwa pemerintah memang bertanggung jawab dalam hal penanggulangan bencana serta berupaya maksimal memenuhi sarana dan prasarana dalam mengurangi resiko bencana termasuk nantinya diberikan sosialisasi dan pelatihan bagi masyarakat.


“Nanti ada program pelatihan yang akan dilaksanakan selama tujuh hari yg disebut PRRBK yang tulang punggunya anda semua dan fasilitator dari BPBD hanya mendampingi dan juga Edukasi rawan bencana yaitu untuk lebih memahami berbagai ancaman bencana yang ada di wilayahnya, bagaimana cara mengurangi ancaman (hazards) dan kerentanan (vulnerability) yang dimiliki, serta meningkatkan kemampuan (capacity) dalam menghadapi ancaman/dampak bencana”. Ujar n Bapak Danang yang mewakili Kalaksa BPBD Prop Jatim.


Kapolsek Tongas yang ikut serta dalam kegiatan tersebut juga manyampaikan bahwa Terkait dengan pembentukan DESTANA ini mohon dibantu dengan kesadaran masyarakat atas kebersihan lingkungan,  mulai dari sampah hingga kelancaran saluran air.


“Semua ini merupakan bentuk upaya yang dilakukan oleh pemerintahan dalam menanggulangi bencana yang sering dialami masyarakat. Akan tetapi semua ini bisa berjalan sukses dan bencana bisa dicegah jika masyarakat memiliki kesadaran serta memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana, memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan jika terkena bencana.” Jelas Kapolsek Tongas.

No comments