Header Ads

Peringati Hari Santri, Kapolres Probolinggo Kota Hadiri Probolinggo Bermunajat

 



Peringati Hari Santri 2023, Pemerintah Kota Probolinggo menggelar Probolinggo Bermunajat, selasa (22/10/2023) bersama Gus H. Muhammad Abdurrahman Al-Kautsar dari Ploso, Kediri. Dihadiri belasan ribu jamaah, acara ini berlangsung khusyu dan khitmad. 


Iringan sholawat dari Majlis Riyadul Jannah, pada pembukaan Probolinggo Bermunajat itu, Wali Kota Hadi Zainal Abidin memberikan sambutan. Ia mengatakan tema Hari Santri 2023 ini adalah "Jihadnya Santri Jayakan Negeri". Maknanya, santri adalah menjadi pemersatu bangsa.


"Nikmati dan makmurkan masjidnya. Listriknya kita gratiskan. Itu namanya jihadnya santri. Tentunya saya juga dibantu oleh seluruh elemen Perangkat Daerah Kota Probolinggo," katanya.


Gus Kautsar dalam tausiyahnya menjelaskan makna santri baginya, jika mengutip hadist Imam At-Tirmidzi yang artinya "Ulama adalah penerus nabi", maka santri seharusnya menjadi pemimpin-pemimpin negeri. "Hari ini santri bicara, bukan kiai kalau membicarakan politik," katanya dalam bahasa Jawa.


Idealnya, menurut Gus Kautsar berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW, santri adalah seseorang yang penuh keimanan. "Santri itu dimanapun keberadaannya, harus benar-benar bermanfaat bagi sesamanya," katanya.


Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengaku bangga dengan terselenggaranya kegiatan Probolinggo Bermunajat ini.


” Spirit cinta tanah air sebagian dari iman (hubbul wathon minal iman) perlu terus digelorakan karena Jihadnya Santri untuk Jayakan Negeri ” tandasnya.

No comments