Header Ads

Gelar Razia Ops Patuh Semeru 2023, Polisi Amankan Puluhan Pelanggar Lalu-Lintas

 


Tindakan tegas personel Polres Probolinggo Kota terhadap para pelanggar lalu lintas dan pengguna knalpot brong, berbuah manis. Hari ini, Rabu (12/07/2023), puluhan motor pelanggar lalu lintas dan berknalpot brong diamankan dalam rangka kegiatan operasi Patuh Semeru 2023 digelar di kawasan Kota Probolinggo.


Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Wadi Sa’bani melalui Plt Kasihumas Iptu Zainullah mengatakan, ada puluhan motor yang diamankan oleh petugas. Dari puluhan motor tersebut, pelanggaran didominasi oleh pelanggaran tidak memakai helm, truk masuk kota dan penggunaan knalpot brong. Motor-motor  dan truk tersebut selanjutnya dibawa ke polres untuk dilakukan pemeriksaan, mendata, dan menindak sesuai aturan yang berlaku.


"Ada beberapa cara, yakni dengan cara hunting system dan statis. Selain itu ada beberapa titik yang menjadi razia statis petugas di antaranya, Jalan Panglima Sudirman depan terminal lama, Jalan Pahlawan, Jalan Pandjaitan, serta pintu masuk Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan.," kata Iptu Zainullah.


Hasil razia, petugas berhasil menindak belasan truk yang kedapatan masuk ke tengah kota, serta puluhan motor berknalpot brong, pelanggar tidak menggunakan helm hingga motor yang tidak sesuai spek-tek juga ditindak.


Selanjutnya, untuk kendaraan yang tidak sesuai spek-tek, serta motor berknalpot brong yang tidak bisa menunjukkan surat-surat kemudian digelandang ke Mapolres Probolinggo Kota.


"Kami akan terus melakukan penindakan bagi pengendara yang melanggar peraturan lalu-lintas. Khusus untuk pelanggaran knalpot brong, kendaraan yang terjaring razia wajib mengganti aksesoris motor sesuai standar," paparnya.


“Dengan Operasi Patuh Semeru 2023 ini, diharapkan pelanggaran lalu lintas serta angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota menurun. Selain itu, operasi ini juga menindaklanjuti laporan warga terkait motor knalpot brong dan truk masuk kota,” katanya.

No comments