Header Ads

Polres Probolinggo Kota Sterilisasi Greja Demi Menjamin Keamanan Ibadah

 




 



Guna menjamin keamanan pelaksanaan Ibadah Umat Kristiani di Gereja, Unit K-9 Sat Sabhara Polres Probolinggo Kota melaksanakan sterilisasi di sejumlah lokasi.


Sterilisasi tersebut dilakukan di 6 (enam) gereja, yakni Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW), GPDI Bethlehem, Gereja Bethel Bukit Sion, Gereja Bethel Pondok Daud, Gereja Katholik MBK dan Gereja Bethel Syalom. 


Kanit K9, Aipda Febriyanto Eka mengatakan, sterilisasi menyisir setiap sudut ruangan gereja menggunakan alat detektor dan anjing dari unit K9. Bahkan altar di dalam gereja ini juga diperiksa secara seksama. 


“Hampir seluruh ruangan gereja dilakukan sterilisasi. Pemeriksaan dilakukan di dalam maupun di luar gereja,” kata Aipda Febriyanto Eka, di sela-sela sterilisasi Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW), Minggu (03/07/22).


Aipda Febri mengatakan, penyisiran dilakukan untuk mendeteksi awal gangguan tak diinginkan sebelum umat Kristiani melaksanakan ibadah rutin untuk menjamin rasa aman beribadah.


Dari hasil penyisiran, polisi tidak menemukan benda-benda mencurigakan seperti bahan peledak dan sejenisnya.


“Polri dibantu oleh pihak keamanan interen Gereja sendiri. Untuk memastikan keamanan, barang bawaan setiap jemaat yang datang nantinya akan diperiksa secara seksama oleh polisi yang berjaga di security door,” tandasnya.


Menurutnya, sterilisasi tersebut juga dilakukan dalam tiga gelombang dengan tetap mengedepankan upaya social distancing untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.


Sementara itu, Pendeta GKJW Probolinggo, Patria Yusak mengucapkan terima kasih atas kepedulian aparat, untuk memberikan rasa aman dan nyaman, dalam melaksanakan ibadah rutin.

No comments