Header Ads

Cegah Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Polsek wonoasih Lakukan Penyemprotan

 

Polsek Wonoasih - Sebagai bentuk upaya dalam penanggulangan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak personel bhabinkamtibmas dan staf kelurahan kedung asem melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke kandang kandang ternak milik warga di blok asem doyong kelurahan kedung asem kecamatan wonoasih kota probolinggo. Sabtu (09/07/2022) jam 08.00 Wib.


Kegiatan penyemprotan ini dilakukan untuk memutus mata rantai penularan PMK yang bisa menyebar melalui udara dan menulari hewan hewan ternak milik warga yang dalam kondisi sehat.


Sejumlah rumah warga yang memiliki  hewan ternak sapi maupun kambing di wilayah kelurahan kedung asem pun telah menjadi sasaran kegiatan desinfeksi PMK yang dilakukan tim Spraying kelurahan kedung asem kecamatan wonoasih Kota Probolinggo yang dibantu bhabinkamtibmas serta rt dan rw setempat guna mencegah berkembangnya virus dan sumber penyakit lain yang dapat membahayakan ternak.



"Penyemprotan Disinfektan dilakukan menyeluruh ke setiap sudut kandang agar selalu terjaga kebersihan . Dan dengan dilakukannya penyemprotan ini, kita berharap wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) menjauhi ternak sapi yang sehat" ujar Aipda Saiful.


Aipda Syaiful juga menambahkan Tidak hanya melakukan penyemprotan cairan disinfektan, Petugas juga terus memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat terkait ciri-ciri dan langkah awal apabila mendapati hewan ternaknya terjangkit penyakit mulut dan kuku. Imbuhnya.


Sementara itu Kapolsek Wonoasih Polres Probolinggo Kota melalui Ps.Kasi Humas Polsek Wonoasih Aipda Farista menuturkan Kegiatan penyemprotan yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas bersama instansi terkait merupakan bentuk upaya pemerintahan bersama warga dalam mencegah penyebaran PMK di wilayah kota probolinggo khususnya kelurahan kedung Asem serta  menjamin hewan ternak yang dipelihara oleh wrga masyarakat tetap dalam keadaan sehat dan bebas dari PMK.


“Kegiatan ini juga dilakukan menjelang pelaksanaan Idul Adha. Dimana hewan yang akan diperjualbelikan untuk kurban harus dalam kondisi sehat dan tidak terjangkit PMK,” jelas Ps.Kasi Humas Polsek wonoasih.

No comments