Header Ads

Petugas Polsek Wonoasih Sambang Warga Himbau Waspada

 



Polsek Wonoasih - Dalam upaya menjaga situasi kamtibmas diwilayah Kecamatan Wonoasih tetap aman dan kondusif Ps.Panit Binmas Polsek Wonoasih Aipda Syaiful Bahrie melaksanakan kegiatan sambang kamtibmas ke kerumah warga yang memelihara hewan ternak sapi di kelurahan jrebeng kidul Wonoasih Kota Probolinggo, Rabu (02/05/2022).


Dalam giat sambang tersebut Aipda Syaiful Bahrie bertemu dengan salah satu warga yang memelihara sapi dirumahnya di kelurahan jrebeng kidul. Pada kesempatan tersebut syaiful menyampaikan pesan kamtibmas serta mengajak untuk meningkatkan kewaspadaan terkait adanya penyakit ternak dan tetap menjaga kebersihan kandang dan kesehatan ternaknya agar terhindar dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).


Disampaikan juga sebagai upaya untuk mengantisipasi adanya penyebaran penyakit tersebut Aipda Syaiful menghimbau agar berhati-hati dalam membeli sapi dengan memperhatikan keadaan fisik dan kesehatan ternak yang akan dibeli.


" Saya menghimbau kepada warga agar selalu memantau dan menjaga kebersihan kandang maupun hewan ternaknya serta mengenali sejak dini ciri-ciri  hewan sapi yang terserang PMK yang penularanya sangat cepat" Ujar Aipda Syaiful Bahrie.


Sementara itu Kapolsek Wonoasih Kompol Sumarjo S.Pd , MM mengatakan wabah PMK yang menyerang hewan ternak sapi, kerbau dan kambing yang saat ini terjadi di beberapa daerah di Jawa Timur perlu diantisipasi sedini mungkin sebagai upaya pencegahan. Sehingga kesehatan ternak sapi di wilayah kota probolinggo khususnya wonoasih tetap terjaga.


“Kami mengingatkan peternak untuk selalu waspada dengan penyakit mulut dan kuku pada ternak hewan yang saat ini baru mewabah. Apabila ditemui hewan ternak sapi, kerbau, dan kambing yang mulutnya berbusa, kuku pecah-pecah dan demam agar segera dilaporkan kepada Dinas Peternakan atau dokter hewan terdekat,” jelasnya.


Kompol Sumarjo juga meminta kepada para peternak, agar tidak menjual atau memotong ternak piaraannya yang memiliki gejala yang seperti penyakit mulut dan kuku (PMK), dan  segera untuk berkonsultasi dengan dokter hewan, untuk diberikan vaksin.  


“Semoga langkah-langkah yang diambil ini mampu mencegah  wabah Penyakit Mulut dan Kuku yang menyerang pada hewan ternak“pungkas Kapolsek.

No comments