Header Ads

Sambang Peternak Sapi Bhabinkamtibmas Polsek Wonoasih Berikan Himbauan




Polsek wonoasih -  Guna mengantisipasi mewabahnya penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak berkuku belah seperti sapi, kerbau, kambing, domba dan sejenisnya yang disebabkan oleh virus sehingga perlu dilakukan pengobatan oleh petugas kesehatan hewan agar tidak menular ke hewan ternak lainnya, bhabinkamtibmas kelurahan Kareng Lor  Polsek Wonoasih Polres Probolinggo Kota Bripka Joni Suseno  menyambangi kandang ternak sapi untuk melakukan pengecekan kondisi ternak sapi milik warga binaan di wilayah kareng lor kecamatan kedopok Kot Probolinggo. Sabtu (28/05/2022) jam 11.00 Wib.


Bhabinkamtibmas Kelurahan Kareng Lor Bripka Joni Suseno terjun langsung untuk melakukan pengecekan kondisi hewan ternak warga di wilayah kareng lor Kedopok serta memberikan imbauan kepada pemilik ternak untuk memperhatikan kesehatan hewan ternak miliknya, apabila terdapat gejala-gejala PMK agar segera melakukan kordinasi dengan petugas kesehatan dari puskeswan atau melapor kepada Bhabinkamtibmas agar cepat mendapatkan penanganan .


Selain itu Bhabinkamtibmas juga mengimbau untuk memperhatikan kebersihan kandang dan lingkungan sekitar kandang ternak agar tidak mudah terjangkit penyakit atau virus


" Kami himbau agar selalu menjaga kesehatan hewan ternak dengan membersihkan lokasi kandang dan lingkungan kandang agar tidak menjadi sarang penyakit baik bagi manusia maupun hewan ternak itu sendiri " Ujar Bripka Joni.


Bhabinkamtibmas juga menambahkan bahwa Penyakit PMK pada ternak tersebut hanya terdapat pada hewan dan tidak menular kepada manusia sehingga Bhabinkamtibmas menghimbau kepada masyarakat untuk tidak khawatir asalkan selalu memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar tempat kandang terlebih bagi warga yang memiliki kandang ternak berdekatan dengan rumah tinggal.


“Bila menemukan tanda-tanda atau gejala di mulut dan kuku pada hewan ternak, segera melaporkan ke mantri hewan terdekat atau dinas peternakan, untuk dilakukan pemeriksaan supaya cepat penanganannya,” pesan Bripka Joni.


Kapolsek Wonoasih Polres Probolinggo Kota Kompol Sumarjo S.Pd , MM mengatakan, jajaran Bhabinkamtibmas bersama Unit Binmas Polsek Wonoasih akan selalu mengimbau para peternak untuk selalu mengecek kondisi kesehatan hewan ternaknya.


"Ini untuk mencegah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi. Karena saat ini PMK sedang mewabah dan menjangkiti ribuan sapi di wilayah Jawa Timur," katanya.


Kami menghimbau kepada para peternak Sapi untuk memisahkan sapi yang sakit dengan sapi yang masih sehat agar dapat mencegah penyebaran wabah PMK dan penyakit lainnya dan juga harus menjaga kebersihan kandang dan lingkungannya.


“Intinya kita semua harus menjaga kebersihan lingkungan demi kesehatan kita semua karena gangguan kamtibmas tidak hanya ditimbulkan karena suatu kejadian atau kejahatan melainkan timbulnya penyakit juga merupakan salah satu gangguan kamtibmas di suatu wilayah”ungkapnya.

No comments