Header Ads

Polres Probolinggo Kota Gencarkan Razia di Beberapa titik Rawan dan Jalan Utama

 


Satlantas Polres Probolinggo Kota menggencarkan razia di beberapa titik rawan dan Jalan utama. Hasilnya, puluhan pelanggar diamankan petugas, baik yang memakai knalpot brong dan lainnya. Razia tersebut digelar secara berkala hingga malam takbir lebaran nanti.

Kasatlantas Polres Probolinggo Kota, AKP Roni Faslah menjelaskan, dari H–7 lebaran hingga malam takbir nanti akan melakukan razia setiap hari di titik titik sesuai yang dikeluhkan oleh masyarakat.

Di mana titik rawan itu kata dia, antara lain di Jalan Raya Lumajang, Kelurahan Kedung Asem dan Kecamatan Wonoasih, yang kerap dijadikan arena balap liar oleh para remaja pada malam hari. 

"Selain di Kedung Asem, kita juga kerap melakukan razia di pos pam Jalan Panglima Sudirman, di sana kita melakukan peguraian kemacetan sekaligus menindak pengendara yang melanggar, seperti tidak memakai helm keselamatan dan yang menggunakan knalpot brong," terangnya.

Saat ini langkah yang diambil pihak kepolisian masih tetap dengan tindakan preventif, pre – emtif, dan represif.


"Kita tidak hanya sekedar memberi tindakan tilang saja ya, semisal pelanggar bisa menunjukkan surat kendaraan dan SIM-nya, namun tidak memakai helm, ya kita hanya melakukan peringatan dan imbauan saja, agar segera memakai helmmya," terang dia.

Namun untuk pengguna knalpot brong, pihak kepolisian sudah tidak memberi toleransi lagi, dan langsung memberi teguran berupa tilang. Bahkan hingga saat ini sudah mendapat sedikitnya 35 hingga 50 kendaraan ber knalpot brong, dan motornya akan disita oleh pihak kepolisian.

"Untuk sepeda motor yang tertangkap razia dalam kondisi memakai knalpot brong kita sita ya, dan dapat diambil Ketika sidang usah lebaran Hari Raya Idul Fitri, mengapa demikian, supaya ada efek jera pada mereka," Tambahnya.

Mereka yang terjaring Razia menggunakan knalpot brong wajib membawa sparepart standar pabrik. Ketika usai sidang juga menjadi salah satu syarat wajib bagi para pelanggar. Hal ini dilakukan sebagai sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya keselamatan berlalu lintas.

"Jika terjadi apa apa di jalan seperti kecelakaan, dan posisi pengendara tidak memakai helm bisa berkibat fatal, bahkan bisa meninggal dunia, jika sudah begini siapa yang sedih, kan keluarganya, bukan polisi. Dari itu kami gencar lakukan razia kendaraan hingga malam takbir lebaran nanti," tandas Kasatlantas

No comments