Header Ads

Polres Probolinggo Kota Bantu Warga Bersihkan Lumpur Terdampak Banjir



 

Polres Probolinggo Kota  menerjunkan puluhan personel untuk membantu warga membersihkan material lumpur pasca banjir di Dusun Wringinan, Desa Tambakrejo, Tongas, Kabupaten Probolinggo.

Tak hanya itu, polisi juga menyalurkan bantuan kepada sejumlah warga yang terdampak banjir. Setiap gang desa mereka susuri.


Kapolresta Probolinggo, AKBP Wadi Sa'bani mengatakan sebanyak 50 personel atau setara satu kompi, diterjunkan untuk membersihkan material lumpur sisa banjir di Desa Tambakrejo. 

Para personel tersebut tampak bergotong-royong membersihkan material lumpur yang masuk tempat ibadah, rumah, dan penuhi jalan desa.

"Puluhan personel dikerahkan guna membantu warga membersihkan material lumpur," katanya, Senin (7/2/2022).

Para personel membersihkan material lumpur sedari pukul 14.00 WIB.

Pukul 17.30 WIB pembersihan dihentikan sementara dan akan dilanjutkan keesokan harinya, Selasa (8/2/2022).

"Para personel akan dibekali peralatan lebih lengkap, antara lain singkup dan cangkul saat pembersihan material besok. Skema pembersihannya, material lumpur ini nantinya kami masukkan ke dalam karung. Kemudian, kami angkut ke tempat pembuangan yang aman," paparnya.


Selain membersihkan material lumpur, lanjut Wadi, pihaknya juga menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir, termasuk nenek Siamu (74).

Nenek Siamu tinggal di rumah seorang diri.

Selain itu, nenek Siamu juga menderita gangguan penglihatan.

Para warga terdampak mendapat bantuan makanan dan pakaian.


"Kami memberikan bantuan kepada nenek Siamu pakaian. Sebab, pakaian yang dikenakan dan tersimpan di lemari terkena lumpur. Tak hanya itu, nenek Siamu juga mendapat bantuan makanan," pungkasnya.

Dusun Wringinan, Desa Tambakrejo, Tongas, Kabupaten Probolinggo diterjang banjir, Minggu (6/2/2022) sekira pukul 17.00 WIB. 

 

Banjir yang menerjang Dusun Wringin, Desa Tambakrejo, Tongas, Kabupaten Probolinggo disebabkan air Sungai Lawean yang meluap. Di saat bersamaan beberapa wilayah Probolinggo diguyur hujan deras.

 

Banjir merendam sejumlah rumah warga dengan ketinggian 1 meter.

Selain itu, banjir membawa material lumpur dengan ketebalan 50 cm.

Banjir juga merendam Desa Kedungdalem dan Desa Dringu, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo.

 

Berdasar data BPBD Kabupaten Probolinggo,  sekitar 961 rumah tergenang banjir.

Personel BPBD juga berupaya melakukan penanganan atau pembersihan material lumpur pasca banjir. Saat ini banjir sudah surut.



 


No comments