Header Ads

Cek Ketinggian Debit Air Polsek Wonoasih Antisipasi Banjir

  

 

 



Polsek wonoasih - Personil patroli Polsek wonoasih Polres Probolinggo Kota  melaksanakan kegiatan Pemantauan Debit Air dan Patroli antisipasi Banjir di wilayah hukum polsek wonoasih , Rabu (26-01/2022) malam hari.

 

Di musim penghujan saat ini Personel Polsek wonoasih akan sering melakukan patroli untuk mengecek dan mengontrol ketinggian air sungai di beberapa sungai diwilayah polsek wonoasih seperti di sungai kedung galeng , sungai bungur dan sungai legundi yang rawan terjadinya luapan air sungai akibat hujan maupun kiriman lahar dingin dari daerah dataran tinggi.

 

Petugas patroli juga memberikan Himbauan supaya bagi masyarakat yang berada di daerah pinggir sungai agar waspada dan tetap berhati-hati ketika di musim penghujan saat ini.

Karena arus air sungai bisa tiba tiba tinggi karena curah hujan yang tidak menentu dan sering berubah ubah.

 

"Kami ingatkan warga yang tinggal di pinggir sungai agar tetap waspada terhadap banjir yang sewaktu waktu bisa datang karena hujan yang turun" ujar Bripka Devi Ari saat patroli di atas jembatan kedung asem untuk mengecek ketinggian air sungai bungur.

 

Kapolsek Wonoasih  Kompol Sumarjo S.Pd , MM mengatakan “anggota saya perintahkan untuk selalu mengecek sungai bungur di kelurahan kedung asem, legundi kelurahan kareng Lor  dan Kedung Galeng di Kelurahan Kedung Galeng karena rawan terjadinya luapan air yang dapat mengakibatkan banjir serta genangan air karena hujan yang terus menerus sehingga volume debit air menjadi tinggi” Ujarnya.

 

“Tetapi saat pengecekan oleh anggota tadi malam volume debit air di ketiga sungai tidak ada intensitas air yang naik ataupun meluap sampai ke pemukiman dan jalan raya” Imbuhnya.

 

Pihak kami juga menyampaikan himbauan melalui personel Polsek wonoasih yang patroli kepada masyarakat agar tetap memperhatikan Debit air, apabila keadaan air tetap naik atau pasang agar cepat mengungsi ditempat yang lebih tinggi guna mencegah terjadinya, imbaunya.

 

“Keadaan alam ini hampir terjadi setiap tahun tidak menentu, apabila curah hujan deras hampir tiap hari maka akan mengakibatkan luapan sungai naik atau pasang sehingga mengakibatkan Banjir sampai turun ke jalan raya ” ucap Kapolsek.

No comments