Header Ads

Polres Probolinggo Kota Laksanakan Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Semeru 2021

 



Polres Probolinggo Kota melaksanakan gelar apel pasukan Operasi Lilin Semeru 2021, bertempat di Alun-alun Kota Probolinggo, Kamis (23/12/2021). Bertindak selaku pimpinan apel Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, didampingi oleh Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani S.H., S.I.K., Dandim 0820 Probolinggo, Letkol Arh. Arip Budi Cahyono, SE, Ketua PN Probolinggo, Budi Haryanto, S.H, MH, Kajari Kota Probolinggo, Hartono, S.H,. M.H.


Pada kesempatan tersebut, Bupati Probolinggo selaku Pembina Apel membacakan amanat dari Kapolri Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dengan mengambil Tema “ Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tahun 2021, kita tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.


Berdasarkan data Kemenhub RI, diprediksi sekitar 11 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas selama periode liburan Nataru. Berkaca dari pengalaman periode Nataru tahun lalu, peningkatan mobilitas masyarakat menyebabkan penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19, Lonjakan kasus Covid-19 pada Nataru 2020 perlu kita jadikan pelajaran dalam rangka menghadapi Nataru tahun 2021 ini, Pada pelaksanaan Nataru tahun ini kita perlu lebih berhati-hati, khususnya dalam mengantisipasi penyebaran varian Covid-19 jenis B.1.1.529 (Omicron) yang mengakibatkan lonjakan kasus dibeberapa negara, Kita harus melakukan berbagai upaya pencegahan untuk menyelamatkan bangsa Indonesia dari bahaya pandemi Covid-19 dengan mengedepankan asas keselamatan rakyat sebagai hukum tertinggi “Salus Populi Suprema Lex Esto”.


Oleh karena itu, Polri dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi Lilin-2021 yang dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 23 Desember 2021 s.d. 2 Januari 2022. Fokus pengamanan adalah 54.959 obyek di seluruh Indonesia baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan bandara. Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 177.212 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 103.188 personel Polri, 19.017 personel TNI, serta 55.007 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya. Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 19.464 Pos Pengamanan dan 1.082 Pos Pelayanan.


Sebelum mengakhiri amanat Kapolri mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh Personel TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam pelaksanaan Operasi Lilin-2021 sehingga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat dapat senantiasa terjaga. Semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi ladang amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dan “ Selamat Hari Raya Natal 2021 dan selamat menyongsong Tahun Baru 2022”. Semoga damai dan suka cita Natal selalu tinggal dihati kita sehingga kita menjadi terang sebagai wujud kasih Tuhan dalam menghadirkan kebaikan bagi Bangsa dan Negara.


Dalam kegiatan ini, pimpinan apel juga memberikan reward kepada 18 orang  pejuang vaksinasi yang telah berjuang untuk memberikan vaksinasi kepada warga Kota Probolinggo sehingga Kota Probolinggo bisa memenuhi target vaksinasi untuk mencapai PPKM level 1.


“Alhamdulillah, situasi covid 19 di kota probolinggo sangat terkendali. Sejak tanggal 13 desember lalu, hingga tanggal 22 desember berhasil mempertahankan zero pasien covid 19. Mudah-mudahan dengan segala upaya yang kita lakukan bersama, situasi covid 19 tetap zero dan capaian vaksinasi semakin bertambah, kota probolinggo tetap status ppkm level 1. Saat ini vaksinasi sudah mencapai 83,5 persen, sedangkan vaksinasi lansia di angka 61,5 persen. “ terang Walikota


Diakhir kegiatan, pimpinan apel juga berharap agar para petugas tetap menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

No comments