Header Ads

Mengantisipasi Banjir, Polsek Wonoasih Cek Debit Air Sungai

 


Polsek Wonoasih.Untuk mengantisipasi meluapnya air sungai di musim hujan Dua Anggota Polsek wonoasih Aipda Farista dan Bripka Devi Ari melakukan patroli untuk mengecek ketinggian debit air di pintu sungai wilayah kedung galeng wonoasih mengantisipasi luapan air sungai sehingga terjadi banjir di beberapa tempat di wilayah polsek wonoasih. Sabtu (20/11/2021).

 

Personil Polsek Wonoasih meninjau langsung debit air di pintu pintu Sungai yang ada di wilayah polsek wonoasih Probolinggo Kota mengingat saat ini masih dalam musim penghujan, petugas piket mako selain melaksanakan patroli untuk mencegah tindak kejahatan juga mengecek ketinggian air sungai di beberapa pintu sungai di wilayah polsek wonoasih secara berkala agar tahu perkembangannya.

 

Terdapat tiga sungai diwilayah polsek wonoasih yang  sering meluap dimusim hujan yaitu sungai Kedung galeng yang berada di wilayah kelurahan kedung galeng , sungai bungur di kedung asem dan sungai Legundi di kareng lor.Maka dimusim hujan saat ini kegiatan patroli juga akan mengantisipasi luapan air sungai.

 

Bripka Devi mengatakan Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka tanggap waspada dan antisipasi sebelum terjadinya bencana kita sudah ada kesiapan dalam penanganannya.

 

“Salah satunya Kita lakukan pengecekan Debit air sungai yang berada di Sungai Kedung galeng, sungai bungur , dan sungai legundi yang sampai saat ini Volume air masih dalam ketinggian normal" ujarnya.

 

Devi menambahkan dimusim penghujan saat ini adalah  kiriman lahar dingin dari dataran tinggi yang dikhawatirkan sungai sungai tersebut akan banjir  sehingga meluber ketempat tempat pemukiman dan jalan raya.

 

"Berharap semua warga masyarakat yang bertempat tinggal dipinggiran Sungai, agar selalu waspada terhadap perkembangan aliran sungai, dan apabila ada permasalahan yang mengganggu kamtibmas segera melapor ke Polsek terdekat" imbuhnya

 

Kapolsek Wonoasih Polres Probolinggo Kota Kompol H.Kuzaini S.H saat ditemui di mako polsek menjelaskan bahwa kegiatan patroli mengecek debit air sungai  yang dilaksanakan oleh anggota Polsek wonoasih merupakan kegiatan kepolisian sebagai upaya mencegah terjadinya gangguan kamtibmas khususnya di wilayah Kecamatan wonoasih yang sering terjadi banjir.

 

“Salah satunya Kita lakukan pengecekan Debit air sungai yang berada di kelurahan  kedung galeng Kecamatan wonoasih yang sampai saat ini Volume air masih terlihat normal dan tidak ada ancaman bahaya banjir”.Pungkasnya

 Sekalipun belum terjadi banjir namun personil polsek wonoasih sudah mulai mengantisipasi dengan mengecek debit air sungai  yang bisa kapan saja meluap kepemukiman warga ketika di musim hujan.

 

"Jaga keselamatan dan keamanan diri maupun keluarga masing-masing, karena di musim hujan saat ini ketinggian debit air bisa kapan saja meningkat dan apabila terjadi suatu kerawanan agar segera melaporkannya pada pelayanan kepolisian,” imbau Kapolsek.

 

Kuzaini juga pun mengingatkan masyarakat agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan dimasa Pandemi Covid-19 yang masih melanda hinga saat ini di Probolinggo Kota.

 

“Senantiasa patuh protokol kesehatan dan 5 M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas dan interaksi saat beraktivitas sehari-hari, agar terhindar dari resiko penularan Virus Covid 19” pungkasnyamenghimbau meski sudah divaksin agar tetap disiplin menerapkan 5M protokol kesehatan Covid-19.” pungkasnya.

No comments