Header Ads

Bhabinkamtibmas Kanigaran Lakukan Tracing Kontak Erat Warga Terkonfirmasi Covid-19

Kanigaran - Dalam upaya percepatan penanganan dan penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia Khususnya Kota Probolinggo jajaran Kepolisian Resor Probolinggo Kota melalui personel Bhabinkamtibmas di jajaran masing-masing sektor salah satunya Kepolisian Sektor Mayangan dengan Bripka Yunus Effendy yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Kelurahan Kanigaran.

 

Mendapatkan informasi data terbaru dari kementrian kesehatan atas nama warga kanigaran yang masuk dalam data terkonfirmasi COVID-19, untuk itu personel Bhabinkamtibmas Bripka Yunus Effendy segera menuju ke lokasi alamat tersebut untuk melakukan Tracing Kontak Erat pada Minggu ( 5/9/2021 ).

 

Kapolsek Mayangan Kompol Eko Hari Suprapto, S.H. melalui bhabinkamtibmas Kanigaran Bripka Yunus Effendy mengatakan bahwa tujuan dari pada Tracing ini salah satunya adalah untuk mengetahui siapa saja warga atau orang yang dimungkinkan dapat tertular Covid-19, " karena selama sebelum melakukan swab maka personel kami sebagai bhabinkamtibmas wajib menghimbau kepada warga yang terdata kontak erat dengan pasien, untuk mengurangi aktifitas diluar rumah dan selalu memakai masker kalau berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain " Ujar Bripka Yunus.

 

Ditemui di Mapolsek Mayangan Kapolsek Mayangan Kompol Eko Hari Suprapto, S.H. menyampaikan bahwa dalam rangka percepatan penanganan wabah Covid-19 ini Polri membantu pihak Nakes untuk melaksanakan Tracing dan himbauan terkait kepatuhan dalam protokol kesehatannya, " Setiap hari kita mendapatkan data dari kemenkes untuk diteruskan ke jajaran guna pencatatan warga yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi dan tak lebih penting adalah menghimbau agar warga kontak erat wajib mematuhi protokol kesehatan karena masih dimungkinkan membawa virus dari pasien terkonfirmasi " Jelas Kapolsek Mayangan.

 

Ia juga menegaskan bahwa perlunya kehadiran personel bhabinkamtibmas atau personel polri yang lain adalah untuk memastikan warga yang bersangkutan benar-benar tertib karena selama ini masih banyak yang memandang bahwa warga kontak erat sehat akan tetapi membawa virus untuk orang lain, tandasnya.

 

Tugas Tracing ini selain di lakukan oleh personel bhabinkamtibmas juga diemban oleh tiga pilar lurah dan babinsa di masing-masing kelurahan guna meringankan beban para tenaga kesehatan atau nakes setempat, apalagi selama ini dirasa nakes sudah sangat lelah dalam menangani pasien dan tiga pilar juga bisa membantu menyampaikan himbauan-himbauan kepada warga agar saling menjaga kesehatan diri dan lingkungannya supaya secepatnya pandemi ini berakhir.


 

No comments