Header Ads

Door to Door, Polisi Jemput Penyandang Disabilitas Untuk Vaksinasi Covid-19


 Sebagai salah satu kelompok yang rentan terhadap virus covid-19, penyandang disabilitas di Kota Probolinggo memperoleh pelayanan vaksinasi dari Polres Probolinggo Kota. Sekitar 25 penyandang disabilitas dijemput di rumahnya kemudian divaksin di Faskes Tingkat 1 Klinik Pratama Polres Probolinggo Kota, selasa (10/08/2021).


Vaksinasi merdeka untuk penyandang disabilitas ini dilaksanakan serentak se-Jawa Timur dan dilaksanakan secara virtual oleh Polres jajaran Polda Jatim tak terkecuali Polres Probolinggo Kota. Turut hadir Kapolres Probolinggo Kota AKBP R.M. Jauhari bersama Dandim 0820 Probolinggo, Kajari, Ketua PN dan Kadinkes Kota Probolinggo.


Puluhan disabilitas langsung diperiksa / screening satu persatu kondisi kesehatan sebelum divaksin, hasilnya semua sehat dan langsung divaksin, oleh tim medis Urkes Polres Probolinggo Kota. Setelahnya, diberi paket sembako, untuk memenuhi kebutuhan hidup selama pemberlakuan PPKM Level 3, yang dilanjutkan oleh pemerintah daerah.


"Kami jemput bola ke rumah masing - masing para penyandang disabilitas, dan kita hunting di jalanan untuk ajak para penyandang disabilitas untuk divaksin. Ini untuk mempercepat proses vaksinasi, agar warga segeraa memiliki Herd Immunity dan penyebaran Covid 19 segera berakhir", tegas Kapolres.


Rencananya vaksinasi khusus para penyandang disabilitas akan terus dilakukan dan memberi ruang khusus di Klinik Polres, tujuan untuk Herd Immunity yang mana populasi kebal terhadap penyakit menular dan memberi perlindungan bagi warga yang tidak kebal terhadap penyakit menular seperti virus Corona.


Sefri (35), warga Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, salah satu penyandang disabilitas, awalnya takut mau vaksin, namun setelah diberikan sosialisasi dan pemahaman oleh petugas medis Urkes Polres Probolinggo Kota, ditambah dijemput dan diantar pulang, akhirnya mau divaksin.


Awalnya takut pak, namun setelah diberi pemahaman oleh petugas kepolisian dan juga dijemput diantar pulang, akhirnya saya mau divaksin, semoga setelah ini bisa kebal terhadap paparan Covid-19. Terima kasih pak polisi terima kasih ibu Bhayangkari" jelas Sefri.


Vaksinasi untuk penyandang disabilitas ini, akan terus digelar sampai semua penyandang disabilitas semuanya sudah tervaksin.

No comments