Header Ads

Polsek Tongas Perketat Disiplin Prokes di Wisata Pantai Tambak Bahak

 


Probolinggo - Libur akhir pekan obyek wisata Pantai Tambak Bahak Desa Curah Tulis Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo banyak dikunjungi para wisatawan, Minggu (13/06/2021). Hal itu, membuat pengelola wisata memperketat penerapan Protokol Kesehatan.

 

Di samping itu, pendisiplinan Prokes bagi para wisatawan juga dilakukan oleh Ps Kanit Shabara Polsek Tongas Polres Probolinggo Kota, Koramil 0820/05 Tongas, BBKTM Desa Curah Tulis, Satgas Covid-19 Kecamatan Tongas, Nakes Puskesmas Tongas, dan Satp PP Kecamatan Tongas.

 

Ps Kanit Shabara Polsek Tongas, Bripka Hadi mengatakan, pelaksanaan patroli pendisiplinan prokes di kawasan obyek wisata Pantai Tambak Bahak ini dalam rangka untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta antisipasi kerumunan warga.

 

"Kami laksanakan patroli bersama Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Tongas  untuk mengimbau dan memberikan pemahaman kepada para wisatawan yang berkunjung untuk tetap memakai masker dan menjaga jarak selama berada di objek wisata," kata Bripka Hadi.

 

Lebih jauh, Hadi mengaku patroli pendisiplinan serta imbauan penerapan prokes di obyek wisata ini terus dilakukan oleh Tim Satgas Covid-19 rutin setiap akhir pekan untuk mencegah Covid-19.

 

"Kita disiplinkan penggunaan masker serta kita memberikan imbauan kepada para pengunjung yang akan memasuki kawasan objek wisata Pantai Tambak Bahak,"tandasnya.

 

Begitu juga, lanjut dia, sasaran kegiatan difokuskan kepada pengunjung dan pedagang Wisata Pantai Tambak Bahak. Tujuannya memberikan penindakan kepada masyarakat yang tidak melaksanakan protokoler kesehatan baik secara tertulis maupun hukuman yang sesuai dengan kesepakatan pelanggar.

 

Selain itu,  pencegahan guna meminimalisir penyebaran virus covid 19 pada masyarakat, dan melarang atau meminimalisir kerumunan.

 

Langkahnya petugas menghampiri pelanggar, kemudian melakukan tegoran, memberikan masker serta diberikan penindakan terhadap pelanggar dengan  hukuman yang telah disepakati oleh pelanggar itu sendiri.

 

"Hasil giat mendapati 11 pelanggar, yakni 9 pelanggar yang tidak menggunakan masker, dan 2 pelanggar memakai masker dengan memposisikan di dagu. Penidakan berjanji untuk selalu menggunakan masker, serta diberikan tegoran dan edukasi protokoler kesehatan 5 M,"ucap Hadi.

 

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Raden Muhammad Jauhari, melalui Kapolsek Tongas IPTU Gendut Wijayanto mengatakan, seluruh anggota Polsek Tongas dikerahkan untuk menyampaikan edukasi tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan sebagai proteksi diri terhadap penularan Covid-19.

Setiap hari anggota di sebar ke beberapa lokasi yang menjadi pusat keramaian.

 

Selain patroli Kamtibmas juga melakukan edukasi prtotokol kesehatan.  Ketika para petugas menemukan warga yang tidak patuh protokol kesehatan seperti tidak pakai masker, langsung di berikan teguran dan peringatan kemudian diberikan edukasi.

 

"Petugas tetap melakukan kehati-hatian dan humanis agar pesan yang disampaikan bisa lebih mudah diterima dan diimplemetasikan dalam aktivitas sehari-hari masyarakat. Dari laporan kegiatan, masih ditemukan sejumlah masyarakat yang lalai tidak menggunakan masker," terangnya.

 

Hal ini tentu harus menjadi perhatian tidak hanya kepolisian tetapi semua pihak agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan semakasimal mungkin. Sebab, kejadian di beberapa daerah paska lebaran.

 

"Harusnya menjadi pelajaran agar tidak sampai terjadi di wilayah hukum Polsek Tongas. Pandemi belum berakhir, tetap waspada dan patuhi protokol kesehatan," pungkas Gendut Wijayanto

No comments