Header Ads

Polsek Kademangan Kawal Vaksinasi ODGJ

 


Satu per satu kelompok masyarakat mendapatkan suntikan vaksin demi menurunkan risiko terinfeksi Covid-19 dan mengalami gejala yang parah.

 

Tidak saja masyarakat biasa, delapan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di wilayah hukum Polsek Kademangan jajaran Polres Probolinggo Kota, juga mendapatkan vaksinasi Covid-19 tahap pertama sebagai upaya mempercepat vaksinasi tahap II.

 

Rabu (22/06/2021), personel Polsek Kademangan dari Panit Binmas Aipda Hedi dan Panit Intel Bripka Bambang bersama Babinsa, staf kelurahan dan 5 orang tenaga medis Puskesmas Ketapang mendampingi vaksinasi di Kelurahan Pohsangut Kidul Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo.

 

“Sasaran ODGJ yg akan divaksin sejumlah 8 orang untuk wilayah Kelurahan Pohsangit Kidul. Data tersebut adalah yang menjadi catatan dari Puskesmas Ketapang Kota Probolinggo,” ujar Panit Intel Polsek Kademangan, Bripka Bambang.

Setelah mendapat arahan cara menghadapi ODGJ, kata Bambang, team langsung bergerak sesuai sasaran yang telah ditentukan.

 

Tak pelak, petugas pun banyak menemui kesulitan karena yang dihadapi adalah orang dengan ganggunan kejiwaan.

 

“Harus penuh kesabaran dan trik bujuk rayu, agar ODGJ ini mau di vaksin. Kami juga harus nyambung dan pura-pura jadi ODGJ agar mereka bisa tenang saat di vaksin. Namun dengan kerja sama team, mampu menyelesaikan dengan baik,” tandasnya.

 

Menurutnya, kegiatan vaksinasi ODGJ di wilayah Kelurahan Pohsangit Kidul ini yang terdata dari 8 orang ODGJ, yang mau divaksin hanya 5 orang, dan 2 orang menolak, serta 1 orang tidak ada di rumahnya.

 

Kapolsek Kademangan, Kompol Soemardjo mengungkapkan, pasien ODGJ rawan terpapar Covid-19. Karena, mereka pada umumnya memiliki penyakit bawaan (komorbid) lebih banyak dari orang normal dan sulit menyampaikan keluhannya secara jelas.

 

Apalagi kegiatan yang bertujuan mendukung penuh percepatan penanganan covid-19. Dukungan dari Polri Presisi tersebut sebagai bentuk keseriusan Institusi Polri dalam meningkatkan sebuah kepercayaan dan kepedulian kepada masyarakat.

 

“Sesuai dengan amanah dan Perintah Kapolri dan Kapolda melalui Kapolres Probolinggo Kota AKBP RM Jauhari bahwa program-program terbaik Polri yang Presisi bertujuan untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19 agar masyarakat sehat, juga demi pemulihan ekonomi Nasional menuju Indonesia Maju,” tutur Kapolsek.

 

Selanjutnya, Kapolsek mengingatkan mengingatkan masyarakat untuk selalu memperhatikan kesehatan diri saat beraktivitas, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan 5 M. Yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan dan mengurangi mobilitas.

 

“Kalau sayang diri, sayang keluarga dan peduli dengan orang lain di sekitar kita, maka protokol kesehatan harus dijalankan,” pesan Kapolsek Soemardjo.

 

 

 

 

 

No comments