Header Ads

Polres Probolinggo Kota Gelar Binrohtal Semaan Kitab Kuning

 


Jajaran Polres Probolinggo Kota melaksanakan pengajian Kitab Kuning bersama tokoh agama dari Kota Probolinggo Ustad Muzakki. Kegiatan mengaji kitab kuning jajaran Polres ini dilaksanakan di masjud Amanullah Polres Probolinggo Kota.

 

Dalam sambutannya, Kapolres Probolinggo Kota AKBP R.M Jauhari yang diwakili Kabag Sumda Kompol Saifur Rizal menjelaskan, binrohtal atau pengajian dilaksanakan dengan menerapkan aspek-aspek Protokol Kesehatan. Semua individu, menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum memasuki areal Masjid Amanullah.

 

“Dalam kegiatan ini, kontak fisik dibatasi dan sudah terlebih dahulu dicek suhu badan. Kegiatan binrohtal dengan tema pembahasan Kitab Kuning merupakan implementasi program PRESISI dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Salah satu program Kapolri adalah mewajibkan personel Polri untuk mengkaji atau mempelajari Kitab Kuning," terang Kabag Sumda

 

Ditambahkan Kompol Saifur Rizal, kitab kuning merujuk pada kitab-kitab klasik karya ulama-ulama dahulu yang merupakan salah satu elemen utama dalam pengajaran di pondok pesantren.

 

“Gagasan Pak Kapolri mewajibkan personel Polri mempelajari Kitab Kuning lahir dari saran para ulama yang salah satunya untuk mencegah radikalisme dan terorisme,” ucap Kabag.

 

Menurut Kabag Sumda, mempelajari Kitab Kuning juga akan bermanfaat bagi personel Polri karena mendapat tambahan ilmu terutama ilmu agama. Sebab Kitab Kuning, merupakan kitab rujukan untuk berbagai disiplin ilmu dalam khazanah keilmuan agama Islam

 

“Bagi personel Polri juga mesti terus belajar untuk menambah wawasan juga untuk meningkatkan takzim pada pemuka agama yaitu para ulama,” kata Kompol Rizal

 

Sementara itu, Ustad Muzakki dalam kesempatan ini memberikan tausiah tentang paham radikalisme. Bahwa pada masa kini, banyak yang memahami Islam secara sempit, seperti memaknai jihad secara sempit, maka dengan mengaji kitab kuning bersama-sama ini semoga bisa belajar dari guru agama yang jelas sanad nya.

“Mudah mudahan kegiatan semaan kitab kuning ini bukan secara formalitas saja, tetapi dilaksanakan secara kontinuitas karena betul-betul utk mencari ilmu yg benar,” terang Ustad Muzakki.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasubbagpers Polres Probolinggo Kota serta perwakilan Personel Bag, Sat, Si dan Polsek Jajaran Polres Probolinggo Kota

No comments