Header Ads

Pasukan Gabungan Polres Probolinggo Kota Gelar Ops. Yutsisi, Enam Orang Pemuda di Swab Antigen

 


Operasi skala besar patroli protokol kesehatan (prokes) di wilayah Kota Probolinggo terus digencarkan oleh petugas gabungan. Hal ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid 19.

 

Seperti yang dilaksanakan pada Sabtu (19/06/2021) malam. Patroli yang dipimpin oleh Pamenwas Kompol Toyib Subur tersebut oleh jajaran diikuti TNI- Polri dan unsur pemerintah seperti Satpol PP, Damkar, Dishub, Dinkes dan BPBD.

 

“Seperti agenda sebelumnya, operasi skala besar ini sasarannya untuk penertiban prokes pada kafe dan rumah makan. Serta, pembubaran kerumunan. Kemudian penertiban pelanggar ketentraman, ketertiban umum,” terang Kompol Toyib

 

Kompol Toyib menjelaskan, kegiatan ops Yutstisi tersebut dilaksanakan mulai pukul 19.00 itu menyusuri Jalan Dr Saleh, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Suroyo, seputar Alun-alun, Jalan Gatot Subroto, Jalan Pahlawan, Jalan Cokroaminoto dan Bunderan Gladak Serang.

 

Ketika rombongan sampai di Jalan Dr Saleh, di sebuah kafe, petugas menemukan dua orang pelanggar prokes kemudian dilakukan swab di lokasi. Kemudian ada empat pelanggar prokes di sekitar pujasera Glaser yang juga di-swab.

 

“Enam orang langsung kami swab antigen dengan hasil negatif. Karena hasilnya negatif, petugas memberikan pembinaan dan edukasi mengenai prokes. Ya harapannya supaya masyarakat lebih aware bahwa Covid 19 ini masih ada. Bahkan, di Kota Probolinggo kasus pasien aktif Covid 19 terus meningkat dua hari terakhir,” ujar Kompol Toyib

 

Selain edukasi dan sosialisasi, lanjut Kompol Toyib, pihaknya bersama petugas gabungan juga membagikan masker kepada masyarakat.  

 

Berdasarkan data yang dirilis Dinkes P2KB Kota Probolinggo, kenaikan kasus aktif COVID 19 dimulai sejak 14 Juni lalu. Hampir setiap hari ada 2 orang terkonfirmasi virus ini. Puncaknya, pada 18 Juni lalu peningkatan tajam terjadi. Sebanyak 14 orang terpapar COVID 19, kemudian 19 Juni bertambah 8 orang.

 

Minggu ini (20/6) tidak terjadi penambahan kasus aktif. Kini total kasus konfirmasi di Kota Probolinggo mencapai 2.214 orang, 2.019 sembuh dan 158 meninggal dunia.

 

Dalam seruannya, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengingatkan masyarakat untuk disiplin dan taat prokes.  “Jumlah kasus COVID 19 di Kota Probolinggo kembali bertambah. Masyarakat kembali saya ingatkan untuk disiplin protokol kesehatan. Virus semakin cepat bermutasi dan menyebar. Dan, tolong jujur dengan kondisi kesehatan untuk melindungi orang lain di sekitar kita,” tegas Habib Hadi, yang berharap masyarakat yang belum mendapat vaksin bisa segera ke puskesmas

No comments