Header Ads

Menjelang Pilkades, Satsabhara Polres Probolinggo Kota Laksanakan Kegiatan Peningkatan Kemampuan Dalmas

 


Satsabhara Polres Probolinggo Kota meningkatkan kemampuan pengendalian massa jelang pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang akan dilaksanakan di 2 Desa di wilayah Kab. Probolinggo.

 

Pasukan pengendali massa ini nantinya akan menjadi poros terdepan ketika terjadi aksi unjuk rasa atau terjadinya bentrokan dengan melibatkan massa yang cukup banyak.

 

“Kegiatan ini merupakan antisipasi situasi kamtibmas menjelang pelaksanaan pilkades di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota,” kata Kapolres Probolinggo Kota AKBP R.M Jauhari S.H., S.I.K., M.Si melalui Kasat Sabhara AKP Eka Anggriana Rabu (28/04/2021) pagi

 

Dijelaskan lebih lajut oleh Kasat Sabhara bahwa pengendalian massa yang disebut Dalmas adalah kegiatan yang dilakukan oleh satuan Polri dalam rangka menghadapi masa pengunjuk rasa. Dalmas awal adalah satuan Dalmas yang tidak dilengkapi dengan alat-alat perlengkapan khusus Kepolisian, digerakkan dalam menghadapi kondisi massa masih tertib dan teratur). Dalmas Lanjut adalah satuan Dalmas yang dilengkapi dengan alat-alat perlengkapan khusus kepolisian, digerakkan dalam menghadapi kondisi massa sudah tidak tertib.

 

“Selain itu, latihan ini dilakukan untuk mengecek kesiapan anggota Dalmas Sat Sabhara Polres Probolinggo Kota dalam menghadapi adanya unjuk rasa dalam skala besar guna mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

 

“Pasukan pengendali massa ini nantinya akan menjadi poros terdepan, ketika terjadi aksi unjuk rasa pada saat pelaksanaan pilkades.” Kata AKP Eka

 

Menurut Kasat Sabhara bahwa pelatihan ini berujuan untuk meningkatkan kemampuan setiap personel dalam melaksanakan pengedalian massa.

 

“Latihan ini untuk meningkatkan kemampuan anggota Dalmas dalam mengawal keamanan proses demokrasi di desa dengan menjunjung tinggi sikap tegas, profesional dan humanisme,” ujarnya.

 

 

No comments