Header Ads

Personil Polsek Tongas Pantau Debit Air Sungai Antisipasi Banjir

Tongas - Patroli Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di wilayah hukum Polsek Tongas, Personil Polsek Tongas Bripka Setyo dan Bripka Kurniawan mengecek sungai diwilayah Desa Bayeman Kecamatan Tongas untuk melihat debit air setelah hujan lebat sejak sore sampai malam hari, Rabu (13/01/2021)

 

Dalam pengecekan tersebut, Bripka Setyo dan Bripka Kurniawan memastikan bahwa air sungai dalam keadaan normal. Serta tidak adanya rumah warga yang terletak sekitar sungai yang bisa terdampak bencana alam banjir.

 

“Melihat kondisi arus sungai setelah hujan dari sore kemarin tidak mengalami peningkatan debit air yang berarti, masih dalam situasi normal. Diharapkan apabila hujan turun lebat, air sungai tidak sampai meluap ke daratan hingga ke pemukiman penduduk maupun area persawahan dan juga jalan raya,” ujar Bripka Setyo.

 

Bripka Kurniawa  juga menjelaskan bahwa tidak ada rumah warga yang terdampak akibat curah hujan beberapa hari terakhir ini. Namun,ia mengharapkan warga masyarakat agar tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam banjir di musim hujan.

 

“Perlu kewaspadaan dari warga terutama yang tinggal disekitar aliran sungai. Karena sewaktu waktu datang hujan deras yang bisa berakibat aliran sungai meluap dan terjadi banjir,” Jelas Bripka Kurniawan.

 

Kapolsek Tongas Iptu Gendut Wijayanyo melalui Bripka Setyo juga menambahkan bahwa “Polisi akan terus memantau perkembangan potensi bencana banjir di wilayah hukum Polsek Tongas. Salah satu cara untuk mencegah meluapnya air sungai saat banjir yaitu dengan memastikan tidak ada sumbatan dialiran-aliran saluran air baik berupa sampah maupun pohon-pohon tumbang yang tidak segera dibersihkan sehingga menghambat arus air sungai dan dimohon kepada maayarakat apabila terdapat kejadian bencana alam agar segera melapor ke petugas atau anghota yang dikenal, polri akan sigap dan cepat dalam mengantisipasi terjadinya korban saat bencana alam, tambahnya.

 

No comments