Header Ads

Pantau Harga Sembako Jelang Natal, Kanit Intelkam Polsek Wonomerto: Ada Pedagang Curang, Laporkan!


Wonomerto - Menjelang Natal dan tahun baru harga sembilan bahan pokok (sembako) terkadang melambung tinggi dari harga biasanya.

 

Untuk itu, Kanit Intelkam Polsek Wonomerto atas arahan dari pimpinan turun langsung ke pedagang pasar dan mengecek harga barang di Pasar Tradisional Patalan Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo, Selasa (15/12/2020) pagi.

 

Pengecekan dilakukan langsung oleh Kanit Intelkam Polsek Wonomerto Polres Probolinggo Kota, Aiptu Bambang. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga sembako di Pasar Tradisional Patalan jelang Natal dan Tahun Baru 2021.

 

Ia mengatakan, terkadang dijumpai pedagang-pedagang yang menjual barang pada saat menjelang hari-hari besar seperti Natal dan tahun baru tidak sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET). Olehnya itu diperlukan pemantauan agar mencegah terjadinya permainan harga oleh pedagang.

 

“Terkadang ada penjual yang curang dan menjual barang tidak sesuai HET, jadi ini perlu kita pantau,“ kata kanit Intelkam Aiptu Bambang.

 

Oleh karena itu demi melakukan pencegahan, Ia mendata setiap pedagang dan memeriksa harga barang agar tidak melanggar aturan.

 

“Saat ini kita lakukan pendataan terlebih dahulu, selanjutnya apabila ditemukan hal yang melanggar maka kita akan lakukan proses hukum," tuturnya.

 

Namun diimbau kepada masyarakat apabila ditemukan pedagang yang curang dalam penetapan harga agar sesegera mungkin melaporkan hal tersebut ke pihak Kepolisian.

 

“Kita ingatkan masyarakat, apabila ditemukan hal yang melanggar terkait dengan harga barang, agar dilaporkan ke kami," tutupnya.

No comments