Header Ads

Antisipasi Karhutla, Polsek Wonomerto Intensif Patroli Area Hutan Jati

Wonomerto - Anggota Polsek Wonomerto Polres Probolinggo Kota, menggelar patroli sinergitas blusukan hutan di wilayah Kecamatan Wonomerto dalam rangka pencegahan kebakaran lahan dan hutan (karhutla), Senin  (12/10/2020).

 

Selain melakukan patroli petugas juga memberikan imbauan kepada masyarakat sekitar hutan untuk ikut menjaga kelestarian hutan dan lingkungan, salah satunya adalah dengan tidak melakukan pembalakan liar dan tidak membakar hutan untuk membuka lahan pertanian.

 

"Kita imbau warga untuk tidak membakar sampah ataupun membakar semak semak untuk membuka lahan baru, karena jika dibiarkan akan menjalar dan menimbulkan kobaran api yang luas," ucap Bripka Anton.

 

Lebih lanjut Bripka Anton menjelaskan jika kebakaran hutan terjadi hal tersebut tentunya akan merusak ekosistem dan tentunya asapnya bisa menimbulkan gangguan pernafasan bagi warga sekitar.

 

Bripka Anton berpesan apabila ada warga yang melihat, mengetahui bahkan menjadi korban karhutla agar segera melaporkan ke kepolisian terdekat.“Saya imbau kepada masyarakat apabila akan membuka lahan pertanian, jangan sampai dengan cara membakar lahan dan hutan karena berbahaya," ucapnya.

 

Seperti diketahui Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya melalui Kapolsek Wonomerto untuk intensif patroli hutan. Patroli hutan perlu ditingkatkan untuk antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta antisipasi pembalakan liar disaat musim kemarau.

 

Kapolsek Wonomerto Iptu Agus Wahyono mengungkapkan bahwa disaat musim kemarau seperti ini rawan terjadi kebakaran. Untuk itulah pihaknya meminta anggotanya aktif patroli hutan baik siang maupun malam.

 

"Kita tingkatkan patroli hutan, tentunya dengan menjalin sinergi dengan perhutani dan instansi terkait lainnya untuk menjaga hutan yang ada di Probolinggo," kata Kapolsek Wonomerto Iptu Agus Wahyono.

 

No comments