Header Ads

Problem Solving Tiga Pilar Wiroborang Terhadap Warga Yang Berselisih


Untuk mewujudkan situasi KAMTIBMAS tetap aman dan kondusif Bhabinkamtibmas Wiroborang Bripka Moh. Hidayat, S.H. bersama dengan Babinsa Koptu Sidiq dan dari kelurahan yang diwakilili oleh Kasie Pemerintahan Ibu Tatik bertempat di aula pertemuan kantor Kel. Wiroborang melakukan mediasi warga untuk Problem Solving atau pemecahan masalah warga yang saat itu sedang ada pertikaian pada Senin (11/5/2020).

Permasalahan yang terjadi antara pihak warga berinisial (M) dengan pihak warga berinisial (W) dipicu oleh situasi disekitar warung kopi pihak (W) yang dinilai berisik dan menggangu istirahat dari keluarga pihak (M) akibat pelanggan dari warung yang rata-rata adalah anak-anak muda dengan menggunakan kendaraan knalpot brong dan suka nongkrong dengan suara gaduhnya, pada pertemuan itu turut dihadirkan Ketua Rt dan Rw setempat untuk menjadi saksi dalam mediasi musyawarah untuk pemufakatan antar warga yang bertikai.

Bhabinkamtibmas Wiroborang Bripka Moh. Hidayat, S.H. dengan mekanisme dan sesuai aturan pemerintah yang ada dengan mengacu situasi pada saat ini yaitu guna mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Probolinggo maka membatasi warung kopi sdr. (W) sampai dengan pukul 20.00 wib dan tidak boleh melayani ditempat hanya bungkus atau dibawa pulang untuk menghindarai agar anak-anak muda tidak lagi nongkrong di warung sdr. (W)

"Kami menghimbau kepada sdr. (W)  untuk hanya melayani pembelian secara bungkus atau dibawa pulang serta membatasi jam buka tutup warung kopi guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Probolinggo ini" Ujar Bripka Hidayat.

Menurut Kapolsek Mayangan AKP Bambang Ponco. U pada saat ditemui di Mapolsek mengungkapkan bahwa pada kesempatan pertama jika terjadi permasalahan sosial di masyarakat tingkat bawah agar Bhabinkamtibmas melakukan mediasi problem solving untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayahnya " Bhabinkamtibmas kami akan siap selalu menyelesaiakan masalah-masalah sosial di masyarakat agar tidak sampai ke ranah hukum yang lebih jauh juga supaya masalah tidak berkepanjangan" Ungkap Kapolsek Bambang.

Bhabinkamtibmas Polsek jajaran Polres di seluruh Indonesia merupakan ujung tombak kepolisian untuk mengatasi masalah-masalah atau konflik sosial di masyarakat guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, untuk itu petugas Bhabinkamtibmas dituntut cakap dan cerdas dalam mememberikan solusi masalah kepada masyarakat dengan mengedepankan asas kemanusiaan.

Kapolsek Mayangan menambahkan perlunya kerjasama yang solid antara Tiga Pilar di masing-masing Kelurahan dan peran serta masyarakat " Babinsa dan Lurah merupakan mitra anggota Bhabinkamtibmas kami dilapangan untuk mencegah stabilitas wilayah tetap aman " Imbuh Kapolsek Bambang.

Tiga Pilar juga butuh peran aktif para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, budaya untuk sama-sama memelihara Kamtibmas yang aman dan tentram sentosa.

No comments