Selasa, 17 Maret 2020

Bahaya Covid-19, Kapolsek Sumberasih Dan Dinas Kesehatan Kunjungi Pelayanan Publik


Antisipasi penyebaran virus corona yang sudah masuk ke Indonesia seperti yang diumumkan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Dalam kegiatan Sosialisasi penyeberan Virus Corona di tempat Pelayanan Publik, kerja sama Polsek Sumberasih, Puskesmas Sumberasih, Koramil Sumberasih dan Kecamatan Sumberasih dengan Narasumber Dr. Fenti Fernawati (Puskesmas Sumberasih) Senin (16/03/2020).

Dalam arahannya, Dr Fenti menyampaikan tentang Virus Corona yang antara lain Novel Coronavirus adalah Virus baru yang menyebabkan saluran pernafasan yang menyebabkan pneumonia berat dan telah dikonfimasi dapat menular antar manusia.

“Perlu kita bahas, Virus Klinis Corona contohnya demam, batuk, piek, gangguan pernafasan, sakit tenggorokan, letih dan lesu. Jika timbul tanda dan gejala selanjutnya segera pakai masker dan berobat ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat, ”ucapnya.

Fenti menjelaskan, membantah harus mempertanyakan virus corona, maka si penderita tidak boleh keluar rumah atau ruangan selama sekitar 14 hari guna menghindari penularan terhadap orang lain.

Terkait Menghilangkan Corona di antara melakukan kebersihan tangan rutin. Unggul sebelum memegang mulut, memegang dan setelah memegang instalasi publik. Mencuci tangan dengan air dan sabun cair serta bilas minimal 20 detik. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan, bisa pakai alkohol 70-80% handrub.

“Sementara langkah melepaskan diri sendiri sebagai keluarga dari Virus Corona dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) antara lain makan dengan gizi seimbang, rajin olahraga dan istirahat cukup, jaga kebersihan lingkungan, cuci tangan pakai sabun, tidak minum, minum air mineral 8 gelas / hari, makan makanan yang dimasak dengan sempurna. Bila demam dan penuh nafas segera ke fasilitas kesehatan dan jangan lupa berdoa, ”jelasnya.

Kapolsek Sumberasih IPTU Suyanto, SH Menambah Selalu menjaga kebersihan, Apabila kontak dengan orang, habis memegang uang, memegang barang, daun pintu/gagang pintu di tempat pelayanan umum,  agar segera membersihkan tangan dengan antiseptik atau ditempat air yang mengalir dengan dicuci dengan sabun.

"Bila bersin atau batuk jangan ditutup dengan kedua tangan, tetapi harus ditutup dengan tissu dan tissu dibuang, Anjuran pemerintah untuk tidak salaman dengan orang cukup dengan mengatupkan kedua tangan didepan dada". Ujarnya pada saat Di Pelayanan masyarakat Bank BRI Unit Sumberasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar