Header Ads

Gandeng Polres Probolinggo Kota Dan Dandim 0820, BPS Sosialisasikan Sensus Penduduk 2020 Pada Masyarakat


Dalam rangka Sensus Penduduk Tahun 2020, Badan Pusat Statistika (BPS) Kota Probolinggo menggandeng Polres Probolinggo Kota dan Kodim 0820 Probolinggo untuk mensosialisasikan program tersebut kepada masyarakat, Kamis (06/02/2020) pagi. Kegiatan yang berlangsung di ruang Rupatama Polres Probolinggo Kota tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya S.I.K, S.H, M.H, Dandim 0820 Letkol (inf) Imam Wibowo, SE, M.Ipol serta Kepala BPS Kota Probolinggo Drs. Adenan, MM.

“Saya selaku Kapolres Probolinggo Kota siap mendukung program pemerintah yaitu sensus penduduk tahun 2020.” Ucap Kapolres dalam sambutannya.

Kapolres juga menambahkan kegiatan pendataan dilaksanakan setiap 10 tahun sekali, yang mana kegiatan tersebut merupakan instruksi dari Presiden dan hasilnya akan sangat bermanfaat bagi warga masyarakat. Nantinya kegiatan sensus penduduk akan dilaksanakan secara online, sehingga diperlukan sosialisasi kepada masyarakat dengan mengedapankan sinergitas TNI-Polri.

Dandim 0820 Probolinggo dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa sensus penduduk dengan mengedepankan sinergitas TNI-Polri ini merupakan yang pertama dan diharapkan bisa menjadi contoh bagi wilayah lain. Dandim juga mengungkapkan hasil sensus penduduk bisa menjadi acuan dalam mengambil langkah dan mengetahui perkembangan situasi demografi suatu wilayah.

“Marilah kita sukseskan perintah Presiden yaitu kegiatan sensus penduduk 2020 secara online yang akan dilaksanakan mulai tanggal 15 Pebruari - 31 Maret 2020 dan sensus wawancara mulai tanggal 1 - 31 Juli 2020.” Terang Dandim 0820.

Lebih lanjut, Kepala BPS Kota Probolinggo dalam kesempatan ini mengatakan bahwa Kegiatan sensus penduduk tahun 2020 ini baru pertama kali dilaksanakan dengan mengedepankan sinergitas TNI-Polri ini . Drs. Adenan juga menyampaikan, penduduk merupakan subyek sekaligus obyek dalam pembangunan. Oleh karena itu, dibutuhkan pengumpulan data menyangkut jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk. Berbeda dengan sensus penduduk sebelumnya, sensus penduduk 2020 nanti akan menggunakan metode pengumpulan data kombinasi. Dengan menggunakan data berbasis registrasi, penduduk dapat berpartisipasi dalam sensus dengan mengisi daftar kuesioner secara online melalui link https://sensus.bps.go.id yang akan dibuka mulai tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020 dan penduduk yang belum mengisi secara online akan didata pada pendataan lapangan pada Bulan Juli 2020.

“Kami mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi sensus penduduk 2020 di Polres Probolinggo Kota. Semoga kedepan, kita bisa memperkuat sinergitas kita untuk melancarkan kegiatan sensus penduduk pada tahun 2020 ini.” Ucap Drs. Adenan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut  PJU Polres Probolinggo Kota, Kapolsek dan Danramil di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota dan puluhan anggota bhabinkamtibmas dan babinsa di wilayah hukum P



No comments