Header Ads

Kapolres Probolinggo Kota Pimpin Kegiatan Upacara HUT Satpam Ke 39


Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-39 Satuan Pengamanan (Satpam) di halaman Mapolres Probolinggo Kota, Rabu (22/01/2020) pagi.
 
Upacara tersebut diikuti oleh perwakilan seluruh satpam di wilayah hukum Polres Probolinggo, mengangkat tema “Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul Untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas Yang Kondusif dan Terjaminnya Keamanan di Lingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju”.
 
Dalam kesempatan itu, Kapolres Probolinggo Kota membacakan amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Idham Aziz yang antara lain menyampaikan bahwa peringatan ini dilaksanakan serentak di polres-polres dengan maksud untuk mengetahui penggelaran potensi satuan pengamanan swakarsa di wilayah masing-masing, sebagai mitra kesharian dalam mengembang fungsi kepolisin di lapangan.
 
“Semakin kita sadar bahwa anggota satuan pengamanan memiliki posisi strategis, sebagai yang terdepan dalam rangka upaya menciptakan jaminan perlindungan terhadap dunia usaha di negara kita. Oleh karenanya penyiapan kemampuan profesional anggota satpam hendaknya mendapat atensi dan prioritas oleh seluruh pemangku kepentingan bersama Polri,” kata Kapolres membacakan amanat.
 
Disampaikan dalam amanat prioritas penyiapan anggota satpam yang profesional dan memiliki keunggulan bersaing dengan security profesional asing semakin mendesak untuk direalisasikan. Khusunya pada 12 spesialis industrial security guna mengantisipasi inovasi “security profesional” asing, sebagai konsekuensi dari adanya 12 sektor prioritas MEA 2015 yang disebut sebagai free flow of skilled Labor (arus bebas tenaga kerja terampil) pada bidang industri.
 
“Saya ingin menegaskan, jangan sampai posisi/jabatan security pada industri strategis dan objek vital nasional diduduki oleh orang asing. Posisi security dalam organisasi hendaknya dipegang oleh anggota satuan pengamanan yang memenuhi regulasi yang mengaturnya,” kata kapolres.
 
Kapolres menyampaikan pesan Kapolri kepada anggota satuan pengamanan antara lain agar memelihara dan memantapkan komitmen moral sebagai salah satu pengemban fungsi kepolisian yang memegang teguh kode etik dan kehormatan anggota satpam, bersikap tegas dan cermat dalam menjaga keamanan serta menegakkan ketertiban di lingkungan kerja.
 
Selain itu, satpam dituntut selalu waspada dan mampu mendeteksi adanya potensi gangguan terhadap proses bisnis organisasi di tahun politik mendatang, meningkatkan komunikasi koordinasi dan kemitraan dengan Polri dan instansi terkait di lapangan serta berinisiatif untuk pengembangan kemampuan teknik dan taktik baik kepolisian terbatas maupun industrial security.
 
Upacara peringatan HUT Satpam di Polres Probolinggo Kota diisi dengan pengucapan prinsip dasar tugas satuan pengamanan. Hadir dalam upacara para PJU polres, para pimpinan perusahaan dan badan usaha pengguna satpam di Kota Probolinggo. Usai upacara diberikan ucapan selamat kepada satpam oleh Kapolres Probolinggo Kota, Wakapolres dan pejabat utama serta tamu undangan yang hadir.

No comments