Header Ads

Kapolres Lepas Anggota Yang Purna Tugas Dengan Tradisi Payung Pora


Tradisi upacara wisuda purna bakti merupakan pelepasan anggota Polri yang sudah purna tugas / pensiun. Hal ini merupakan bentuk penghormatan dan apresiasi terhadap dharma bakti anggota selama bertugas di Instansi Kepolisian. Kepolisian Resort Probolinggo Kota menggelar tradisi istimewa tersebut untuk melepas 3 (tiga) anggotanya di halaman Mapolres, senin (04/11/19) pagi. Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya S.I.K, S.H, M.H. Turut hadir PJU Polres, seluruh anggota serta pengurus cabang bhayangkari kota Probolinggo.

Pada kesempatan tersebut Kapolres secara simbolis menyerahkan tanda penghargaan dan cindera mata serta pengalungan bunga kepada anggota yang mengakhiri masa baktinya tersebut. Selanjutnya, bersama seluruh anggota dan Bhayangkari mengiringi hingga gerbang Mapolres.

Kapolres menyampaikan, upacara ini pada hakekatnya merupakan penghargaan yang tulus dan ungkapan rasa hormat yang setinggi-tingginya dari segenap kesatuan atas pengabdian selama dinas aktif sampai mengakhiri tugas bagi anggota yang memasuki masa pensiun.

“Atas nama pimpinan dan pribadi, saya menyampaikan penghargaan serta rasa hormat setinggi tingginya kepada anggota yang telah memasuki masa pensiun, atas segala dedikasi dan kinerja serta darma bhaktinya kepada bangsa dan negara,” ungkap Kapolres.

Menurutnya tradisi pelepasan pedang pora ini sebagai bentuk wujud nyata penghargaan satuan intitusi Polri kepada tugas dan jasa-jasa para anggotanya. Salah satunya Polres Probolinggo Kota sebagai bagiannya dai ucapan terima kasih dan penghargaan pada para anggota yang selama ini sudah bertugas untuk melayani masyarakat.

“Tak ada gading yang tak retak, atas nama kesatuan dan keluarga besar, kami mohon maaf. Kami juga akan terus bersama rekan sekalian sebagai bagian dari keluarga besar Polri. Jadi kapan saja, kita selalu terbuka ” imbuh Kapolres.

Sementara ketiga anggota tersebut masing-masing, Kompol (Purn) Kasman, S.H, AKP (Purn) Wahyudi serta Ipda (Purn) Bambang Istijab. Mewakili anggota yang purna tugas, Kompol Kasman mengungkapkan dirinya merasa terharu dan menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan ini dan semoga tetap terjalin ikatan persaudaraan.

“Kami mewakili anggota yang purna,  mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan petunjuk hingga kami dapat mengahiri tugas pengabdian ini,” pungkas Kompol Kasman.

Di akhir kegiatan, Kapolres bersama para PJU juga menjadi pengayuh becak yang ditumpangi anggota yang pensiun.


No comments