Header Ads

Waspadai Berita Hoax, Kapolresta Pelopori Gerakan Warung Bersih


Gerakan Warung Bersih (No Miras, No Sara, No Hoax dan No Hate Speech) dicanangkan oleh Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal, SH, S.IK M.Hum. Pada hari Selasa (06/03/18), bertempat di Café Celsius Kota Probolinggo menggelar acara Gerakan Warkop Bersih tersebut dengan Puluhan netizen dan awak media baik media cetak, elektronik, maupun siber. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memelihara Kamtibmas menjelang Pilkada Serentak di Kota Probolinggo tahun 2018.

Acara diawali dengan sambutan Kapolresta Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal, SH, S.IK M.Hum yang menyampaikan bahwa kegiatan “ Warkop Bersih” yang dilaksanakan sebagai implementasi program Promoter dan manajemen media, Kapolresta juga menyampaikan pentingnya menjalin silaturahmi dengan para awak media dan netizen terutama menjelang Pemilu 2018.

Kapolres menilai, awak media dan netizen memiliki peran penting dalam membantu tugas Polisi di dunia maya, yaitu memberikan dan menyampaikan informasi kepada masyarakat secara luas. Disampaikan pula oleh Kapolresta bahwa peran netizen dalam mengenali dan mencegah berita Hoax, Sara dan Hate Speech sangatlah penting karena berita – berita Hoax dapat menimbulkan gangguan keamanan.

Kekuatan Media baik itu cetak, elektronik maupun siber jelang pilkada saat ini menurut Kapolresta juga sangat mempengaruhi Opini Publik. Oleh karena itu Kapolresta berharap semua elemen media bias saling menjaga agar situasi kamtibmas yang sudah aman agar tetap aman sampai berakhirnya Tahapan Pilkada 2018.

“ Mendekati Pilkada 2018, teman teman media agar betul – betul memahami apakah berita yang kita share itu sudah sesuai fakta, setengah – setengah atau tidak betul sama sekali. Kita harus memfilterkan, karena Potensi keributan bias dipicu hanya masalah sepele” Kata Kapolresta.

Sementara itu perwakilan Netizen, Erwin menyampaikan, adanya pembelajaran kepada para penggiat netizen tentang pembelajaran bagaimana cara mengenali apakaha berita itu Hoax atau tidak. Erwin juga menyampaikan rasa terima kasih yang sangat besar atas Partisipasi Polres Probolinggo Kota dalam kegiatan sosial netizen ILK.

“Kami mengucapkan Ucapkan rasa terima kasih yang sangat besar kepada Bapak kapolresta Probolinggo dan jajarannya karena selamai ini sudah mendukung baik secara langsung maupun tidak langsung semua kegiatan social Netizen ILK. Kami berharap kedepannya agar bisa lebih ditingkatkan lagi kerjasama yang sudah terjalin ini demi menjaga situasi kamtibmas Probolinggo kota agar tetap aman selama penyelenggaraan Pemilu 2018” tegas Erwin.

No comments