Header Ads

Bhabinkamtibmas Polsek Wonomerto Dialogis dengan Perangkat Desa, Tingkatkan Kamtibmas

 



Wonomerto - Dalam rangka meningkatkan silaturahmi dan komunikasi dengan perangkat desa pada desa binaan, pagi ini Bhabinkamtibmas Desa Sepuhgembil Bripka Rizky Kurniawan melaksanakan kegiatan dialogis dengan Kepala Desa Sepuhgembol bpk. Kusnadi bertempat di kantor balai Desa Sepuhgembol, Selasa (05/04/2022).


Kegiatan dialogis pada pagi ini menyikapi situasi Kamtibmas yang ada di Desa Sepuhgembol terkait dengan kondisi kesehatan masyarakat antisipasi adanya ledakan jumlah terkonfirmasi Covid 19. Termasuk kegiatan vaksinasi tahap pertama dan kedua kepada masyarakat yang belum melakukan kegiatan vaksinasi.


Pelaksanaan kegiatan patroli dialogis juga bertujuan untuk mengantisipasi tindak kriminal seperti Curat, Curas dan Curanmor. selain itu saling berbagi informasi sekaligus menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada perangkat desa dan warga masyarakat yang ditemui dalam pelaksanaan patroli dialogis yang nantinya masyarakat agar lebih aktif dan meningkatkan kewaspadaannya dan banyak tindak kejahatan yang bisa terjadi sewaktu-waktu dengan aktif dalam kegiatan Siskamling.


Sementara itu Kepala Desa Sepuhgembol Bpk. Kusnadi, pada kesempatan dialogis dengan mengatakan “Kegiatan PPKM telah diberlakukan kembali, termasuk mendata warganya yang pulang kerja dari luar negeri atau habis bepergian dari zona merah agar segera berkoordinasi dengan Bidan Desa dan satuan Satgas Covid Kecamatan maupun desa untuk dilakukan pengecekan kesehatan dan melakukan isolasi mandiri”, ujarnya.


Bhabinkamtibmas Desa Sepuhgembol Bripka Rizky Kurniawan juga mendukung kegiatan pendataan warga yang baru pulang dari luar negeri atau dari zona merah agar melaporkan kepada perangkat desa setempat untuk di datakan, selain itu langkah polisi untuk lebih meningkatkan peran serta masyarakat dalam pemeliharaan Kamtibmas disekitar lingkungannya. Sebab polisi tidak bisa dengan tenaga, pikiran, dan kemampuannya sendiri akan mampu menyelesaikan permasalahan di tengah-tengah masyarakat tanpa ada peran serta yang aktif dari masyarakat.


Masih kata Bripka Rizky Kurniawan bahwa Tiga Pilar Kamtibmas bersama masyarakat merupakan garda terdepan dalam menjaga keamanan untuk memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat, selain kegiatan patroli dengan menyisir wilayah yang dianggap rawan terjadinya gangguan Kamtibmas, mereka juga melakukan patroli dialogis bersama warga terkait dengan potensi gangguan Kamtibmas.


Kami sangat mengharap kerjasama dan peran serta bapak ibu sekalian dalam menjaga situasi Kamtibmas, dan apabila mengalami atau mengetahui peristiwa pidana, jangan ragu untuk segera melaporkan ke kantor kepolisian terdekat tambahnya.


Kepala Desa Sepuhgembol Bpk. Kusnadi mengatakan “Kami akan melakukan pendataan kepada warganya antisipasi penyebaran Covid 19, termasuk yang belum melakukan vaksinasi serta memberikan motivasi agar aktif dalam kegiatan Siskamling untuk menjaga keamanan lingkungan serta bekerjasama dengan instansi terkait untuk kemajuan Desa Sepuhgembol”, ucapnya


Sementara itu, Kapolsek Wonomerto Iptu Bambang Hartono, pada kesempatan lain mengatakan “Kegiatan sinergitas TNI/Polri dan perangkat desa serta instansi terkait lainnya sebagai garda terdepan dan sebagai deteksi dini dalam mencegah sekaligus mencari solusi setiap permasalahan yang ada di desa supaya tidak berkembang menjadi besar”, pungkasnya.

No comments