Header Ads

Serentak, Pengemudi Bus di Terminal Bayuangga Dites Urine Jelang Nataru

 


Polres Probolinggo Kota melakukan cek urine kepada sopir angkutan umum di Terminal Bayuangga Kota Probolinggo, Jumat (24/12/2022). Hal ini dilakukan untuk memastikan sopir yang akan mengangkut penumpang yang akan merayakan Natal dan tahun baru 2022 dalam kondisi baik dan tidak terpengaruh obat-obatan.

 

Kepada media, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani diwaliki Kasat Resnarkoba Iptu Joko Murdianto mengatakan sejumlah personel memeriksa 22 sopir angkutan yang ada di Terminal Bayuangga. Kegiatan ini turut dibantu personel dari TNI, Dishub beserta instansi terkait.

 

Para sopir angkutan itu diminta memberikan sampel urine untuk dicek apakah mengonsumsi narkotika atau tidak. Dari 22 sopir tersebut, seluruhnya dinyatakan negatif.

 

"Kegiatan ini kita laksanakan kepada 22 (orang) dan alhamdulillah semuanya negatif. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai langkah untuk memberikan kewaspadaan dan pemahaman bahwa pengemudi harus bebas narkoba," jelas Iptu Joko.

 

Kasat mengatakan pemeriksaan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Hal ini untuk menjaga keamanan dan keselamatan penumpang agar tidak terjadi kecelakaan dari faktor human error karena tentunya menjelang libur panjang Nataru, banyak masyarakat yang akan melaksanakan mobilisasi.

 

"Sehingga kami hari ini juga melakukan tes urine kepada pengemudi lintas luar kota dan berharap mereka bisa mawas diri dan bisa antisipasi untuk melakukan satu tindakan penyalahgunaan narkoba itu sangat berbahaya, bisa mencelakakan orang banyak dan harus waspada," sambungnya.

 

Eny, 45 Th, salah satu penumpang bus jurusan Probolinggo Madiun mengatakan bahwa dirinya sangat antusias menyambut kegiatan yang dilakukan petugas gabungan dari Polres Probolinggo Kota ini.

 

“Saya bisa lebih tenang soalnya sudah pasti kalau mereka sudah test urine kalau negatif berarti kan kita aman.” terang Eny.

 

Sementara itu, Yasin 50 Th, sopir dari bus Milla Sejahtera menjelaskan bahwa kegiatan ini memang dibutuhkan agar para sopir bebas dari pengunaan narkoba pada saat berkendara.

 

“Saya mendukung kegiatan test urine karena untuk memberikan kenyamanan dan kepastian bahwa pengemudi dalam keadaan tidak terpengaruh narkoba.” Ungkap Yasin.

No comments