Header Ads

Demi Jaga Kamtibmas, Polres Probolinggo Kota Gelar Operasi Bina Kusuma Semeru 2021

 


Demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Korps Bhayangkara Kota Probolinggo beserta seluruh jajaran akan menggelar operasi “Bina Kusuma Semeru 2021.

 

Operasi yang dimulai 25 Oktober hingga 8 Nopember 2021 atau sekitar dua minggu akan menyasar dan menekan gangguan terjadinya kamtibmas khususnya premanisme, kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba, KDRT, perkelahian kelompok masyarakat pencegahan penyakit masyarakat, kekerasan terhadap perempuan dan anak serta untuk mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Hukum Polres Probolinggo Kota.

 

“Operasi Bina Kusuma Semeru 2021 melibatkan 45 personil yang terlibat dalam empat satgas. Yakni, satgas deteksi, preemtif, preventif, dan ban ops,”ujar Wakapolres Probolinggo Kota Kompol Mohammad Khoiril, dalam latihan Pra Operasi Bina Kusuma Semeru 2021, di ruang Rupatama Polres Probolinggo Kota, Sabtu (23/10/2021).

 

Dijelaskan Waka, dalam operasi ini upaya pembinaan dan pencegahan yang dilaksanakan oleh Polri kepada masyarakat, memang perlu ditingkatkan. Untuk itu, dalam rangka mengurangi penyakit masyarakat yang sering muncul ditengah-tengah dan sudah membudaya, kerap menimbulkan dampak sosial yang tidak baik di kehidupan masyarakat sehari-hari.

 

Ditambah lagi, pembangunan yang terus dilakukan akan sangat memberikan dampak terhadap tindak kejahatan. Berbagai macam dampak negatif maupun positif dari perkembangan globalisasi yang semakin pesat menyebabkan setiap aspek kehidupan masyarakat terkena imbasnya.

 

“Operasi Bina Kusuma ini benar-benar dilaksanakan semaksimal mungkin supaya mengurangi dan mencegah gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota,” pinta Wakapolres.

 

Disisi lain, lanjut Wakapolres, operasi ini diharapkan dapat meningkatkan disiplin dan etos kerja dalam rangka mewujudkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat serta menghindari perbuatan yang meresahkan masyarakat.

 

“Harapan kita, ada kesadaran untuk tidak mengganggu Kamtibmas. Makanya kita lebih kedepankan upaya pembinaan dibandingkan proses hukum,” tutur Waka

Meski demikian, Wakapolres meminta satgas agar melaksanakan operasi ini secara baik dan bertanggung jawab, guna menciptakan kondisi Kamtibmas yang kondusif sehingga masyarakat dapat merasakan kehidupan yang aman dan nyaman.

 

Pahami tugas pokoknya masing-masing dan setiap pergerakan anggota di lapangan harus selalu diberikan arahan sehingga selama pelaksanaan operasi berjalan dengan aman dan tidak timbul gesekan dengan masyarakat.

 

“Kita turun ke masyarakat lakukan deteksi dini, maping dan patroli terhadap lokasi-lokasi yang dianggap rawan. Kemudian juga tingkatkan penggalangan, imbauan atau penyuluhan sehingga tujuan daripada operasi dapat terlaksana dengan baik,” pungkasnya

 

 

 

No comments