Header Ads

Polsek Mayangan Bagikan Puluhan Masker Pada Warga Kota Probolinggo

 


Korps Bhayangkara Kota Probolinggo terus gencarkan kegiatan pendisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) di masa perpanjangan PPKM darurat sekaligus membagikan masker kepada masyarakat.

 

Kedisiplinan warga menaati prokes sangat mendukung pemutusan rantai Covid-19. Oleh karena itu, sebagai bentuk apresiasi kepatuhan warga terhadap prokes, jajaran Polsek Mayangan Polres Probolinggo Kota memberikan masker.

 

Nampak terlihat saat penegakan disiplin prokes penggunaan masker Implementasi Inpres nomor 6 Tahun 2020 dan Perda Provinsi Jatim nomor 2 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, yang menyasar pedagang buah di kawasan Pasar Gotong Royong, Rabu (21/7/2021).

 

Bripka Zainal mengatakan, giat ini sebagai wujud apresiasi masyarakat atas kepatuhan prokes dengan memberikan apresiasi berupa masker.

 

“Sengaja kita buat beda, bagi warga yang tidak menaati anjuran pemerintah pakai masker kita berikan masker,” kata Zainal.

 

Selama bertugas, Zainal mengaku tetap menjaga sikap humanis dengan masyarakat, bekerja dengan santun dan menjaga keselamatan diri mengingat jalanan ramai dan waktu sibuk di pagi hari. Penegakan disiplin masyarakat tentang pemakaian masker selalu dilaksanakan secara rutin.

 

“Kesadaran dan partisipasi masyarakat sangat mendukung dalam pencegahan Covid-19 secara rutin dan terjadwal pendisiplinan protokol kesehatan bermasker dilaksanakan,” tandasnya.

 

Tak hanya itu, anggota Polsek Mayangan ini mengimbau para pedagang buah dan pengunjung pasar untuk disiplin dalam menjalankan prokes, seperti kewajiban menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

 

Bahkan, tak segan menegur setiap orang yang ditemui di kawasan pasar ini yang tidak mematuhi prokes dan juga membagikan masker kepada masyarakat yang membutuhkan. Ratusan masker yang dibawa habis dibagikan kepada masyarakat di kawasan Pasar Buah Gotong Royong ini.

 

Kapolsek Mayangan jajaran Polres Proboliggo Kota Kompol Eko Hari Suprapto menyampaikan, perlu upaya yang masif serta dukungan semua komponen masyarakat untuk mengatasi pandemi ini.

 

“Kita berharap kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan terus meningkat agar pandemi ini dapat segera diatasi,”tuturnya.

 

Kapolsek menyebutkan, pandemi Covid-19 belum berakhir. Sehingga perlu kesadaran bersama untuk menekan angka persebaran ini. Untuk itu peran aktif aparat kepolisian dibutuhkan untuk menyadarkan warga.

 

“Setiap anggota Polri, baik saat bertugas ataupun saat dirumah harus bisa menjadi pelopor disiplin protokol kesehatan. Harapannya dapat mencegah penularan Covid-19,” pinta Kompol Eko Hari Suprapto.

 

Dalam pendisiplinan Prokes ini, petugas mendatangi satu per satu pedagang. Sejumlah pedagang yang tidak memakai masker dengan benar diminta untuk membetulkan maskernya oleh petugas.

 

“Jadi di sini petugas juga mendisiplinkan kepada para pedagang buah dan pembeli cara memakai masker yang benar. Karena memang masih banyak yang memakai masker tapi tidak digunakan dengan benar,” terang Eko Hari Suprapto.

 

Meski demikian, ajakan untuk menjalankan prokes akan terus digalakkan petugas di sejumlah fasilitas umum lainnya. Kegiatan ini semata-mata untuk memutus mata rantai persebaran Covid -19 di wilayah Kota Probolinggo.

 

“Kita akan galakkan terus pendisiplinan protokol kesehatan ini. Harapannya tingkat kepatuhan masyarakat akan semakin tinggi sehingga Covid-19 ini bisa segera hilang,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

No comments