Header Ads

Bersama Irwasda Polda Jatim, Kapolres Probolinggo Kota Hadiri Kegiatan Kunker Menteri Pertanian di IP2TP Muneng

 


Kapolres Probolinggo Kota AKBP R.M Jauhari S.H., S.I.K., M.Si  bersama dengan Irwasda Jatim Kombes Pol M. Aris S.H, S.I.K, M.S.i menghadiri kegiatan peninjauan dan peresmian IP2TP Muneng Kec. Sumberasih Kab. Probolinggo oleh Menteri Pertanian RI,  Ir. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H, M.H. 

 

Bertempat di IP2TP Muneng Kec Sumberasih Kab Probolinggo, kegiatan ini dihadiri oleh Wakil ketua Fraksi IV DPR RI, Drs. Hasan Aminudin, M.Si,  Bupati Probolinggo, Hj. P. Tantriana Sari, S.E, Dan Pus Penal, Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H,.M.Han,   Kepala Balitbangtan, Dandim 0820 Probolinggo, Letkol Inf. Imam Wibowo, Kepala Kejaksaan Negeri Kab Probolinggo, Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, M.Si  bersama dengan para undangan.

 

Untuk diketahui  bahwa IP2TP Muneng merupakan satu diantara lima IP2TP yang berada di bawah Balai Penelitian Tanaman Tanaman Aneka Kacang dan Umbi . Dimana memiliki fungsi untuk meneliti dan mengembangkan varietas unggul  tanaman  seperti kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu, ubi jalar dan komoditas  Akabi lainnya.

 

Menpan RI dalam kegiatan ini mengatakan bahwa pihaknya memberikan apresiasi setinggi-tingginya ata terealisasinya pemanfaatan IP2TP Muneng untuk pengembangan riset pertanian.

 

“Kami hadir di sini, Kementan, Komisi IV DPR RI tidak lain untuk  mengakselerasi daerah. Dalam hal ini Bupati Probolinggo, dalam rangka mempersiapkan varietas kedelai dalam skala massif yaitu varietas  Detam.” Ujarnya.

 

Menurutnya, terkait pengembangan riset pertanian yang dilakukan oleh Balitkabi maupun Balitbangtan di IP2TP  Muneng, harus disebarkan dan diaplikasikan secara massif di wilayah lain agar sektor  pertanian terus  bergerak dan berperan dalam pemulihan ekonomi nasional.

 

Selain itu, Mentan juga mengharapkan agar pengemban gan varietas  pertanian harus terus dikembangkan dan diperluas jangkauan dengan meningkatkan jumlah bibit yang disebar.

 

Terutama peluang-peluang yang mengarah pada pemulihan perekonomian juga tidak harus mengacu  pada lahan yang sangat luas. Tapi diharapkan juga dapat menjangkau  lahan-lahan milik warga yang tidak begitu luas.

“Saya berharap Probolinggo berhasil bukan hanya pada sektor pertanian   dalam jumlah luasan yang besar tapi juga mampu mengoptimalisasi lahan-lahan pekarangan setiap rumah dengan menanam sesuatu yang bernilai ekonomi,” terangnya

 

Sementara itu, Kapolres Probolinggo Kota disela-sela kegiatan kepada tim Tribratanews menyampaikan bahwa untuk mengamankan kegiatan kunjungan kali ini, jajaran Polres sudah menurunkan puluhan personel untuk mengamankan kegiatan ini.

 

“Personel kita tempatkan di titik-titik yang memang membutuhkan kehadiran dari petugas. Selain itu, kita juga menyiagakan unit Patroli sebagai langkah antisipasi.” Kata Kapolres.

No comments