Header Ads

Bersama Forkopimda Probolinggo, Wakapolres Probolinggo Kota Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila Ke 76 Secara Virtual

 


Mewakili Kapolres Probolinggo Kota AKBP R.M Jauhari S.H., S.I.K., M.Si, Wakapolres Probolinggo Kota Kompol M. Khoiril S.Pd M.H bersama dengan jajaran Forkopimda  Kab. Probolinggo mengikuti kegiatan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila ke 76 yang bertempat di pendopo Kabupaten Probolinggo, Sabtu (01/06/2021) pagi.

 

Dalam kegiatan ini, Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara secara virtual dan memimpin langsung pelaksanaan upacara yang dilangsungkan di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta.

 

Dalam pidatonya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan untuk mewaspadai rivalitas dan kompetisi antar ideologi.

 

"Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antarpandangan, rivalitas antar nilai-nilai dan rivalitas antarideologi," kata Jokowi dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang disiarkan dsecara daring di akun Youtube Sekretariat Presiden.

 

Menurut Jokowi, meski Pancasila sudah menyatu dengan bangsa Indonesia namun tantangan Pancasila kedepan semakin berat.

 

Salah satunya dari ideologi transnasional yanh cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi.

 

Dimana dalam perkembangannya ideologi transnasional radikal mudah tumbuh karena kemajuan teknologi.

 

"Ketika konektivitas 5 G melanda dunia maka interaksi antar dunia juga semakin mudah dan cepat," tuturnya.

 

"Kemudahan ini bisa digunakan oleh ideologi-ideologi transnasional radikal untuk merambah ke semua pelosok indonesia ke seluruh kalangan dan keseluruh usia tidak mengenal lokasi dan waktu," kata Jokowi menambahkan.

 

Oleh karena itu, Jokowi mengimbau bahwa untuk menghadapi kondisi tersebut diperlukan cara baru yang luar biasa dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

"Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan indonesia yang maju yang kita cita-citakan," ucapnya.

 

Turut hadir dalam kegiatan upacara ini, Bupati Probolinggo Hj. Puput Tantrianasari., SE., Dandim 0820/Probolinggo Letkol Inf Imam Wibowo. SE., M.I.Pol,  Sekda  Kab. Probolinggo Drs. Soeparwiyono. SH., MH, Kepala Kejaksaan Kab Probolinggo, Ardiyansah, SH, MH serta  Perwakilan OPD Kab. Probolinggo

 

 

 

 

 

No comments