Header Ads

Kunjung Tahanan Diganti Video Call, Sat Tahti Sosialisasi Aplikasi Simatahati

 


Polres Probolinggo Kota tidak mau ketinggalan dalam memaksimalkan penggunaan teknologi TI untuk mempermudah masyarakat dalam situasi Pandemi Covid-19. Melalui Dit Tahti Polda Jatim, sudah diluncurkan aplikasi bagi pembesuk tahanan bernama “SIMATAHATI” (Sistem Manajemen Tahanan dan Barang Bukti). Aplikasi ini diterapkan di seluruh Polres dan polsek jajaran Polda Jatim.

Kasat Tahti Polres Probolinggo Kota menjelaskan aplikasi ini dikembangkan oleh Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Dittahti) Polda Jatim ini bertujuan untuk mempermudah keluarga tahanan untuk membesuk. Dengan aplikasi ini masyarakat tidak perlu antri. Selain itu, juga dapat melakukan video call langsung dengan tahanan.

“Untuk menekan penyebaran Covid, saat ini jadwal kunjung tahanan memang ditiadakan, sehingga digantikan dengan Video Call. Awalnya menggunakan aplikasi whatsapp, namun sekarang lebih spesifik menggunakan aplikasi SIMATAHATI,” bebernya saat melaksanakan sosialisasi kepada keluarga tahanan yang mengirim makanan di Rutan Mapolresta, selasa (16/03/2021).

“Aplikasi SIMATAHATI Semeru ini memuat meliputi administrasi daftar tahanan, kegiatan tahanan, pelayanan dan pengecekakan tahanan serta besuk tahanan. Untuk durasi video call selama 10 menit,” tambahnya.

Namun sebelum melakukan video call, pembesuk terlebih dahulu mengisi data. Sehingga, identitasnya akan tercatat langsung disimpan dalam aplikasi.

“Untuk keluarga tahanan, bisa mengakses dan mendownload aplikasi SIMATAHATI Semeru ini melalui website www.simatahati.com guna melakukan pendaftaran besuk tahanan. Setelah melakukan pendaftaran petugas akan mengecek siapa yang mendaftar dan komunikasi langsung dengan tahanan sesuai nomor urut pendaftaran di aplikasi. Untuk masyarakat tidak boleh menghubungi tetapi dari pihak kepolisian yang menghubungi”, pungkasnya.

No comments