Header Ads

Jaga Ketahanan Pangan Di Masa Pandemi, Polres Probolinggo Kota Bersama Wartawan Tebar Ribuan Benih Ikan Nila


Untuk menjaga ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19, jajaran Polres Probolinggi Kota bersama dengan para wartawan yang tergabung dalam Jurnalis Probolinggo (Jispro) menebar 5.000 benih ikan nila di sejumlah kolam terpal di lingkungan Mapolresta Probolinggo, Jumat (14/8/2020).

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya S.I.K, S.H M.H  mengatakan bahwa bangunan lama di belakang Polres Probolinggo Kota ini harus dimanfaatkan. Di antara dan di sela-sela bangunan dibuat kolam untuk beternak lele. Dibuat juga kebun sayuran dengan sistem hidroponik.

Kapolres menambahkan, di lokasi telah berdiri empat kolam terpal dengan sistem Bio Flog berukuran 4×3 meter dan 2×3 meter. Di kolam itu ditebar 5.000 bibit ikan lele dan 500 ekor bibit ikan nila. Dan air sisa kolam pembiakan ikan lele dan nila bisa disiramkan ke tanaman sayur mayur hidroponik.

“Ikan lele bisa dipanen 3 bulan dan untuk ikan nila 5 bulan. Ikan itu tak dijual, tetapi akan dibagi-bagikan ke keluarga anggota Polres Probolinggo Kota dan warga yang terdampak COVID-19. Tujuan dari budidaya ikan dan sayuran ini adalah untuk membantu meringankan beban ekonomi dan memberi persediaan pangan sebagai dampak pandemi Corona yang sudah dirasakan warga.” Terang AKBP Ambariyadi.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan bahwa pihak kepolisian bersama jajarannya hari ini melestarikan kampung tangguh serta memanfaatkan lahan-lahan kosong dari kesatuan untuk dibuat tempat ketahanan pangan. Salah satunya dengan membuat kolam-kolam ikan seperti ini.

“Untuk saat ini ada ikan nila, kemudian lele dengan jumlah sekitar 7.500 ekor,” katanya.

Ketua Jispro, Romadhona mengatakan, memang pandemi Covid-19 ini berdampak kepada semua elemen, termasuk rekan-rekan wartawan. Sehingga untuk meminimalisasi dampak Covid-19 terhadap perekonomian, para wartawan menggerakkan program ketahanan pangan.

“Ini ada sekitar 5 ribu ikan nila yang kami tebar, harapannya memunculkan nilai ekonomis juga untuk menjaga ketahanan pangan,” kata Dhona, panggilan akrab Romadhona.

Berdasarkan pantauan tim Tribratanews, ada lima kolam terpal di bekang Mapolresta. Kelima petak kolam terpal itu bisa untuk budidaya sekitar 7.500 lele dan nila.


No comments