Selasa, 31 Desember 2019

Bhabinkamtibmas Himbau Peternak Ayam Untuk Selalu Menjaga Kebersihan Dan Lingkungan Sekitar


Daging ayam merupakan bahan pangan yang di gemari oleh masyarakat Indonesia karena daging ayam memiliki kandungan protein yang tinggi, serta vitamin dan mineral. Ayam merupakan unggas yang paling umum di dunia sehingga banyak di pelihara di rumah dengan tujuan untuk mendapatkan daging dan juga telur.

Bertambahnya kebutuhan ekonomi di pedesaan menuntut kreativitas masyarakat untuk lebih maju guna mengimbangi berkembangnya perekonomian warga Desa. Tidak ketinggalan pula masyarakat pedesaan yang ada di wilayah Kota Probolinggo yang berlomba untuk mengembangkan usaha kecil padat karya agar mampu bersaing dengan daerah lain.

Meningkatnya permintaan daging ayam di pasar membuat peternak ayam rumahan berubah menjadi peternakan ayam berskala besar seperti peternakan ayam yang berada di Kelurahan Pakistaji, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo. Peternakan ayam yang berada di lingkungan rumah masyarakat ini mendapatkan perhatian dari Kepolisian Polsek Wonoasih Polres Probolinggo Kota.

Diantara usaha yang salah satunya usaha peternakan ayam, baik ayam potong ataupun ayam petelur. Usaha peternakan sejalan besar tidak menutup kemungkinan akan dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas yang diakibatkan karena gangguan dari bau atau lalat terutama saat musim penghujan sehingga dikhawatirkan timbul komplain dari masyarakat.

Bhabinkamtibmas Polsek Wonoasih, Brigpol Guruh melaksanakan patroli dialogis mendatangi lokasi peternakan ayam milik Minto di Kelurahan Pakistaji, Kecamatan Wonoasih, Senin (30/12).

Selaku Bhabinkamtibmas pembina Kelurahan Pakistaji, dirinya melihat secara langsung kondisi bangunan dan lingkungan peternakan itu, selain itu juga memberikan pesan kepada peternak supaya memperhatikan kebersihan lingkungan dan ayam itu sendiri.

“Mengingat banyaknya permintaan daging di pasar saya menghimbau kepada para peternak untuk selalu memperhatikan kondisi lingkungan dari kandang karena kunci dari keberhasilan terjaganya kualitas daging ayam itu dengan menjaga menjaga kandang ayam agar tetap bersih dan terhindar dari hama, bakteri serta penyakit. Jika kandang terjaga kebersihannya maka akan mendapatkan hasil panen yang baik dan berkualitas serta akan menghasilkan bibit ayam yang sehat” tutur Brigpol Guruh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar