Header Ads

Beserta Dengan Forkopimda Dan Para Tamu Undangan, Kapolres Hadiri Peringatan Detik - Detik Proklamasi


Upacara pengibaran bendera merah putih dan peringatan detik-detik proklamasi di halaman Alun – alun Kota Probolinggo berlangsung dengan khidmat. Ratusan peserta upacara dari berbagai elemen masyarakat, TNI, Polri, instansi pemerintah hingga mahasiswa dan pelajar menghadiri kegiatan upacara ini pada Sabtu  (17/08/19)pagi.

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Insperkur upacara adalah Habib Hadi Zaenal Abidin,  (Wali Kota Prob) dan Komandan Upacara Kpt. Arh. I Made Lugianta  ( Danramil 0820/13 Probolinggo ). Sementara di kursi undangan hadir Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal S.H, S.I.K, M.Hum bersama dengan jajaran Forkopimda Kota Probolinggo beserta tamu undangan lainnya.

Suasana Khidmat sangat terasa saat tepat pukul 10.00 Wib, sirine detik-detik proklamasi dibunyikan selama 1 menit dilanjutkan pembacaan teks proklamasi oleh Drs. Agus Rudianto Ghofur SH (Ketua DPRD Kota Prob.).

Demikian pula saat pengibaran bendera oleh Paskibraka. Pasukan pengibar bendera dengan seragam khas berwarna putih nampak bersemangat dengan derap langkah yang membuat decak kagum.

Kepada tim Tribratanews, Kapolresta mengatakan bahwa peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia merupakan refleksi untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan. Momen ini hendaknya dijadikan pelecut semangat membangun kesatuan dan persatuan bangsa serta meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme.

AKBP Alfian mengingatkan khususnya bagi generasi muda penerus bangsa, tantangan bangsa Indonesia kedepan tidaklah mudah. Persaingan yang cukup ketat menuntut sumber daya manusia yang benar-benar handal. Disamping itu kemajuan teknologi informasi juga membawa potensi terhadap ancaman negara.

“Tumbuhkan rasa cinta tanah air dengan segala keragamannya. Waspada terhadap segala perilaku yang dapat memecah belah bangsa seperti Hoax, intoleransi dan SARA” Ujar AKBP Alfian.

Lebih lanjut Kapolres menambahkan, Kemerdekaan yang telah diraih dan perjuangkan oleh para Pahlawan ini hendaknya diisi dengan hal-hal positif. Sebagai generasi millenial mempunyai tanggungjawab untuk meneruskan perjuangan dengan menunjukkan prestasi sesuai dengan bidang yang dimilikinya.

“Sesuai tema HUT ke-74 RI `SDM Unggul Indonesia Maju`. Kompetensi dan skill sangat berperan penting dalam pembangunan Indonesia kedepan yang didukung dengan mental kepibadian dan karakter yang mencerminkan Indonesia yang tentunya berpedoman pada 4 Pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI” Pungkasnya






No comments