Header Ads

Kunjungi Lapas, Kapolres Dicurhati Terpidana Terorisme

Jum’at kemarin (19/05), Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal, SH. S.IK. M.Hum. kemarin mengunjungi Lapas Klas IIB Probolinggo yang diterima langsung oleh Kalapas Imam Purwanto, BC.IP, SH, MH. Selain sebagai bentuk silaturahmi dengan Kalapas dan anggotanya, kegiatan ini juga untuk mengetahui aktifitas penghuni Lapas.

 
Di Lapas, Kapolres juga bertemu dengan AS, 28 tahun yang merupakan terpidana kasus terorisme. Perwira dengan dua melati di pundaknya ini kemudian berdialog dengan AS karena sebelumnya pernah bertemu saat berdinas di Poso Sulawesi Tengah.

 
"Ini adalah upaya Polri untuk melakukan program deradikalisasi, bekerja sama dengan stakeholder lainnya agar terpidana terorisme ini kembali kepada aktivitas normal sebagaimana masyarakat lainnya, jauh dari kegiatan aksi teror," ujar Kapolres.

 
AS sendiri berharap agar dia bisa dipindah ke Lapas yang berada di Poso agar bisa kembali dekat dengan keluarga sehingga sewaktu-waktu keluarga bisa membesuknya. “Bapak bisa tanya sendiri sama Kalapas, bagaimana perilaku saya selama ini. Ibarat orang saya sakit, saya butuh obat. Obatnya ya dekat dengan keluarga, agar pikiran saya tidak macam – macam dan tidak kembali terjerumus di lingkaran teror,” ujarnya.

 

Kapolres sendiri berjanji untuk berkoordinasi dengan Kalapas, membantu AS agar bisa ditahan di Porong Sidoarjo. "Kami akan memonitor sambil menjalankan deradikalisasi, sejauh mana program ini bisa berpengaruh kepada AS. Selain itu, program ini juga sangat penting agar bilamana AS dibebaskan, bisa cepat beradaptasi dan kembali menjadi masyarakat yang normal,” Jelasnya.

No comments