Header Ads

test

Kanit Binmas Polsek Sumberasih Hadiri Diskusi Bersama PENAKIB

Kanit Binmas Polsek Sumberasih Aiptu Andi Handoko, SH menghadiri kegiatan diskusi bersama team PENAKIB (penanganan angka kematian ibu dan bayi) Kamis,  (24/09/2020)

 

bertempat di Aula Kecamatan Sumberasih kab. Probolinggo dilaksanakan giat Diskusi bersama team PENAKIB (penanganan angka kematian ibu dan bayi), kecamatan yang diselenggarakan oleh  Puskesmas Sumberasih.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Dr Imelda Kusuma Ningrum (Pinpus Sumberasih), Rina Damayanti (Sekcam  Sumberasih), Bpk.Suhada (Ketua KUA Sumberasih), Aiptu Andi.Han (Kanit Binmas), Susilowati (Bidan), Yuliati (Sataf Puskesmas),  M.Arifin (Plkb Kec.Sumberasih), Bpk. Busro (Ketua Karang Taruna Ds. Ambulu), Haryono (Ketua Karang Taruna Ds.Jangur) dan Saiful (Ketua Karang Taruna Ds. Pohsangit Leres)

 

Dalam kesempatan tersebut Dr. Imelda Kusuma Ningrum menyampaikan mempunyai beberapa tugas, diantaranya melakukan tugas percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi bersama instansi dan stake holder, membentuk secretariat sesuai kebutuhan, serta melaporkan secara periodic hasil kegiatan forum.

 

“Tujuan dikukuhkannya Forum Penakib tentu saja untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu dan bayi yang pada akhirnya adalah meningkatnya koordinasi lintas program, lintas sektor, organisasi profesi, asosiasi fasilitas kesehatan, organisasi masyarakat dan institusi pendidikan, serta meningkatnya pengetahuan tim dalam menyusun strategi penurunan angka kematian ibu dan bayi,” kata Dr. Imelda Kusuma dalam sambutannya.

Melalui kegiatan ini diharapkan terlaksananya pedoman Penakib dalam penanganan kasus kegawatan pada ibu dan bayi, adanya persamaan persepsi penanganan kegawatdaruratan pada pada ibu dan bayi, adanya kesepakatan sistim rujukan dari Desa ke puskesmas dan Lanjut rumah sakit serta adanya rekomendasi,” ujarnya.

 

Lanjut, "Turunnya jumlah kematian ibu maupun kematian bayi dapat dicapai melalui dukungan dari berbagai pihak dengan melibatkan seluruh stakeholder dan mitra terkait baik di lingkungan swasta maupun pemerintah mulai dari hulu sampai hilir. Dengan bentuk kegiatan promotif, preventif, kuratif serta rehabilitatif,” tegasnya.

 

Harapan Kanit Binmas Aiptu Andi Handoko,SH "Meningkatkan Peran pendaping lebih maksimal  antara team Penakib Kecamatan dengan team Penakib Desa, sehingga pertemuan kordinasi bisa dilakukan secara rutin". Tuturnya.

 

No comments