Header Ads

test

Detik - Detik Proklamasi Kemerdekaan, Satlantas Polres Probolinggo Kota Stop Jalur


Satlantas Kota Probolinggo menerjunkan personel untuk pengamanan jalur saat peringatan hari kemerdekaan, 17 Agustus.

Dan tepat pada detik-detik proklamasi, personel satlantas yang bertugas di traffic light (TL) menyetop semua kendaraan yang akan melintas. Petugas mengajak masyarakat mengheningkan cipta sejenak untuk mengenang jasa para pahlawan. Mendengarkan lagu Indonesia Raya.

Seperti yang terlihat di perempatan lampu merah Randupangger, dan Brak.
Tepat pada pukul 10.17 , Senin (17/8/2020), masyarakat pengguna jalan menghentikan kegiatannya sejenak lalu mengambil sikap sempurna untuk menghormati peringatan tersebut.

“Ya guna menghormati para pahlawan, selama tiga menit atau tepatnya pada pukul 10. 17 WIBB. Perjalanan saya berhenti dan langsung ambil sikap sempurna berdiri tegak untuk menghormati peringatan detik-detik Proklamasi,” ujar Suryono (30), salah satu pengendara yang melintas di perempatan Brak, Kota Probolinggo.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya melalui Kasatlantas AKP Tavip Hariyanto mengatakan, hal tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat mencintai tanah air pada HUT ke-75 RI.

“Ini salah satu cara pemerintah untuk membangkitkan semangat masyarakat guna mencintai Tanah Air yang sedang berulang tahun. Yang jelas dimanapun dan sedang melakukan aktivitas apa pun, maka masyarakat bisa mengambil sikap sempurna ketika bendera Merah Putih sedang dikibarkan di Istana,” tutur AKP Tavip Hariyanto.

Mulai pukul 10.00, kata Tavip Hariyanto, sejumlah personel Polres Probolinggo Kota bersiaga di sejumlah titik lampu merah di wilayah Kota Probolinggo. Polisi dan para pengendara yang melintas, berhenti dan berdiri tegak selama 3 menit untuk mendoakan para pahlawan yang telah gugur.

“Ada beberapa titik lampu merah yang dilakukan aksi sikap tegak tiga menit di seluruh Kota Probolinggo. Kita ajak masyarakat ikut dalam momen detik-detik peringatan kemerdekaan RI,” tandasnya.

Puluhan personel kepolisian siaga. Tepat pukul 10.17, petugas menghentikan pengemudi motor dan mobil dan meminta mereka bersikap tegak. Sirine dari mobil kepolisian dibunyikan, sebagai tanda detik-detik kemerdekaan. Pelaksanaan peringatan detik-detik kemerdekaan pun berjalan khidmat.

“Selamat HUT ke-75 Republik Indonesia. Masyarakat tetap semangat menjalani kegiatan di masa pandemi Covid19 ini dan semakin maju,” pungkas kasatlantas


No comments