Header Ads

test

Tekan Kasus Covid 19, Kapolres Instruksikan Jajaran Bhabin Terapkan Pola Humanis Yang Benar Dan Masif


Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya S.I.K, S.H M.H menginstruksikan para jajaran Bhabinkamtibmas di setiap desa/kelurahan untuk menerapkan pola pendekatan humanis secara benar dan masif kepada orang dan para keluarga penderita covid 19. Dengan metode ini, Kapolres berharap kasus COVID-19 di wilayahnya bisa cepat ditekan.

Hal itu disampaikan Kapolres saat mengambil apel bhabinkamtibmas pada Kamis, (23/07/2020) pagi di depan lobby mapolres. Bhabinkamtibmas merupakan polisi yang menjadi bagian tiga pilar tingkat desa. Tiga pilar desa terdiri dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dari unsur TNI dan kepala desa atau lurah.

"Sesuai dengan petunjuk dan arahan dari bapak Kapolda Jatim agar Bhabinkamtibmas bisa menyentuh langsung kepada orang / keluarga yang positif, odp, otg dan pdp dengan penyampaian bahasa yang sopan dan santun agar bisa tersentuh hatinya serta ditanyakan kepada keluarga tersebut mengenai kebutuhan hidupnya siapa yang memenuhi, jangan sampai orang / keluarga tersebut memaksakan diri keluar rumah untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan membawa virus bahkan sampai menyebar virus kepada orang lain.," kata Kapolres di saat mengambil apel.

Kapolres menjelaskan, memberikan nasehat/himbauan kepada orang/ keluarga yang positif, odp, otg dan pdp apabila masih berada dirumah agar tetap berada dirumah sambil menunggu hasil tes swab serta disampaikan kepada lingkungan sekitar agar tidak menjauhi orang / keluarga yang positif, opd, otg dan pdp namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan karena masih adanya anggapan bahwa Covid-19 adalah aib bila perlu dibuatkan grup WA agar bisa berkomunikasi dengan baik terhadap orang / keluarga yang terdampak dan juga lingkungan sekitarnya.

“Anggota Bhabinkamtibmas supaya lebih dekat, lebih menyentuh lagi kepada masyarakat binaannya sehingga apabila terjadi sesuatu di kel./desanya bhabinkamtibmas bisa mengetahui terlebih dahulu dan bisa mengantisipasi terhadap masalah yang akan timbul nantinya serta tidak terjadi lagi adanya pengambilan paksa terhadap jenazah yang positif Covid-19 karena harus dimakamkan dengan protokol kesehatan.” Ucap kapolres.

Kapolres juga berpesan kepada para bhabin agar Memberikan bantuan kepada orang / keluarga positif odp, otg dan pdp bisa berupa sembako atau yang lainnya dengan cara ditaruh didepan rumah dengan penyampaian yang baik serta tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan arahan kapolres probolinggo kota pada apel gelar bhabinkamtibmas dalam rangka pembinaan tugas dilapangan untuk menekan atau memutus penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota serta meningkatkan semangat dan kinerja dilapangan. Kapolres juga memberikan multivitamin kepada para bhabinkamtibmas untuk mendukung pelaksanaan para bhabin agar tetap terjaga kesehatannya.


No comments